Bandara Silampari Lubuk Linggau Dipastikan Layak Dibuka

Pemprov Sumatra Selatan memastikan Bandara Silampari, Kabupaten Lubuk Linggau, sudah layak dan siap diresmikan Presiden RI Joko Widodo dalam waktu dekat.
Dinda Wulandari | 11 Februari 2019 13:31 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru (tengah) meninjau fasilitas Bandara Silampari di Kabupaten Lubuk Linggau - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan memastikan Bandara Silampari, Kabupaten Lubuk Linggau, sudah layak dan siap diresmikan Presiden RI Joko Widodo dalam waktu dekat.
 
Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pihaknya sudah meninjau langsung bandara yang dapat diakses sejumlah kabupaten lain di Sumsel maupun Sumbagsel itu.
 
“Saya sudah cek dan saya lihat semua sudah siap. Dari sisi pelayanan, maupun kelengkapan fasilitasnya. Semua sesuai target, flight-nya juga terus bertambah sehingga ini layak dan siap diresmikan,” katanya, Minggu (10/2/2019).
 
Deru melanjutkan selain itu, infrastruktur pendukung lainnya juga dinilai sudah baik termasuk akses jalan ke Lubuk Linggau.
 
Pemprov berharap dengan segera diresmikannya bandara ini, dapat menunjang pemenuhan kebutuhan transportasi masyarakat setempat.
 
Bahkan perekonomian pun diyakininya akan semakin menggeliat dengan diresmikannya Bandara Silampari.
 
Kehadiran bandara ini, kata dia,  tentu membantu masyarakat bukan hanya yang tinggal di Lubuklinggau tapi masyarakat yang di daerah sekitarnya juga seperti Kabupaten Mura, Muratara, Empatlawang.
 
“Bahkan masyarakat di provinsi tetangga seperti Bengkulu bisa menikmati Bandara Silampari ini,” katanya.
 
Pada kesempatan yang sama Ketua UPTD Bandara Silampari, Rudi Pitoyo, menjelaskan pembangunan penambahan luas terminal yang dilakukan sejak 2016 itu kini sudah rampung 100%.
 
Terminal itu terdiri dari terminal keberangkatan dan kedatangan serta ruang tunggu penumpang dan tempat check in.
 
Bandara tersebut, kata Rudi, sudah melayani 3 kali penerbangan dalam sehari. Masing-masing dua kali penerbangan ke Jakarta dan sekali penerbangan ke Palembang.
 
“Kami ada 3 penerbangan ke Palembang dan Jakarta dengan jumlah penumpang mencapai 350--400 penumpang per hari,” jelasnya.
 
Dengan penambahan terminal baru ini pihaknya berharap keamanan dan kenyamanan penumpang Bandara Silampari akan semakin meningkat.
 
Sebelumnya akhir Oktober 2018, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi sudah optimistis pembangunan terminal baru Bandara Silampari ini akan selesai awal 2019 sehingga dapat diresmikan secepatnya oleh Presiden RI Joko Widodo.
 
Kota Lubuk Linggau membawahi banyak kabupaten seperti Bengkulu, Muratara dan Musirawas menjadikan operasional Bandara Silampari semakin memudahkan akses transportasi bagi masyarakat yang ada di pelosok. 
 
Menurut Budi pembangunan seperti ini juga dilakukan di provinsi lain. Seperti di Kalimantan Timur dan Papua. Harapannya ini akan berdampak pada pengembangan perekonomian daerah seperti Lubuklinggau dan sekitarnya.
 
“Ini bisa jadi modal bagi daerah Linggau bisa mengimbangi pertumbuhan ekonomi Palembang. Kalau semua sisi dari Indonesia ini berkembang baik maka kontribusi ini artinya real,” katanya.

Tag : bandara, lubuklinggau
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top