Pengguna LRT Palembang 1 Juta Orang

Pengguna LRT di Palembang, Sumatra Selatan, sejak pertama kali dioperasikan pada 23 Juli 2018 hingga awal Desember 2019 hampir 1 juta orang.
Newswire | 04 Januari 2019 15:31 WIB
Penumpang Light Rail Transit (LRT) Palembang berjalan di walk way menuju stasiun Jakabaring. - Antara/Mushaful Imam

Bisnis.com, PALEMBANG – Pengguna kereta layang ringan (light rail transit/LRT) di Palembang, Sumatra Selatan, sejak pertama kali dioperasikan pada 23 Juli 2018 hingga awal Desember 2019 hampir 1 juta orang.

"Berdasarkan data sekarang sekitar 930.000 penumpang, jika rata-rata perharinya 9.000 masyarakat menggunakan LRT jumlah penumpang yang dilayani pada bulan ini bisa tembus angkanya di atas 1 juta orang," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang pada Jumat (4/1/2019).

Dia menjelaskan melihat perkembangan pengguna jasa LRT jumlahnya terus meningkat, pihaknya berupaya meningkatkan jumlah penumpang dengan membenahi pelayanan.

Aida mengemukakan pelayanan yang telah berjalan dengan baik selama ini akan dievaluasi sehingga bisa dilakukan peningkatan, begitu juga sebaliknya jika ada hal-hal yang kurang baik akan dibenahi.

Untuk meningkatkan pelayanan, selaian melakukan evaluasi kinerja dan operasional LRT, pihaknya juga berupaya meminta masukan dari semua pihak dan lapisan masyarakat.

Menurut dia, untuk melayani masyarakat yang akan menggunakan jasa angkutan kereta api dalam kota itu, pihaknya sekarang ini menyiapkan 13 stasiun LRT di sejumlah titik strategis mulai dari bandar udara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang hingga kawasan pusat olahraga Jakabaring.

Masyarakat bisa memanfaatkan jasa angkutan umum yang pertama kali beroperasi di Indonesia sejak pagi pukul 05.00 hingga malam hari pukul 22.00 WIB.

Mengenai biaya atau ongkos naik LRT, untuk jarak pendek antarstasiun ditetapkan Rp5.000 per orang, sedangkan jarak panjang Rp10.000 per orang.

Sumber : Antara

Tag : LRT
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top