Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belitung Timur Dukung Penataan Potensi Kemaritiman

Pemerintah Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung program penataan potensi kemaritiman Indonesia 2019 - 2014 yang digagas Aspeksindo.
Ilustrasi nelayan membawa ikan tuna./Reuters-Tarmizy Harva
Ilustrasi nelayan membawa ikan tuna./Reuters-Tarmizy Harva

Bisnis.com, MANGGAR – Pemerintah Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung program penataan potensi kemaritiman Indonesia 2019 - 2014 yang digagas Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo).

"Persoalan kami sekarang adalah terkait perikanan dan kelautan, setidaknya Aspeksindo bisa berperan apalagi Provinsi Babel masuk keanggotaan Aspeksindo," ujar Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza dalam siaran pers pada Rabu (12/12/2018).

Dia menjelaskan peran pemerintah daerah mengatur regulasi dan pengembangan bisnis Kemaritiman Nasional Tahun 2019-2024.

"Untuk mendukung kegiatan tersebut Perlu adanya sinergitas antar pemangku kepentingan. Keluar masuknya produk di bidang perikanan harus didukung oleh infrastruktur seperti pelabuhan, disamping itu pariwisata juga harus mendukung, karena produk perikanan dapat terjual dengan banyaknya wisatawan," ujarnya.

Yuslih mengutarakan saat ini kendala yang dihadapi Belitung Timur adalah masalah tangkapan ikan karena belum adanya dermaga, dan belum adanya mesin pengawetan agar pengolahan ikan bisa lebih maksimal, begitu juga bidang keamanan laut dan sumber daya laut, semuanya harus bersinergi.

"Inilah kenapa kami tidak bisa kerja sendiri, kalau semuanya terpenuhi dan berjalan maka bidang Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Belitung Timur akan lebih hidup," ujarnya.

Menurut dia, sudah waktunya sektor kemaritiman menjadi perhatian bersama dan nasional sehingga peran Aspeksindo sangat strategis dalam menggali potensi kemaritiman.

"Terkait dengan tempat pengelolaan ikan yang menjadi kendala, itu kewenangan pemerintah provinsi. Oleh karena itu, ini masih kami tinjau kembali, hingga nanti bisa menjadi kewenangan pemkab," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper