Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Generasi Milenial Dominasi Kecelakaan Lalu Lintas

Kementerian Perhubungan RI menyebut sekitar 70% kecelakaan lalu lintas didominasi oleh generasi milenial pengendara kendaraan roda dua.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengendarai sepeda motor dalam kegiatan Milenial Safety Riding bersama komunitas biker di Palembang./Istimewa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengendarai sepeda motor dalam kegiatan Milenial Safety Riding bersama komunitas biker di Palembang./Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Kementerian Perhubungan menyebut sekitar 70% kecelakaan lalu lintas didominasi oleh generasi milenial pengendara kendaraan roda dua.
 
Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di sela touring motor bersama generasi millennial di Kota Palembang, Sabtu (8/12/2018).
 
“Lebih dari 70% itu kalau ada kecelakaan korbannya pengendara motor milenial, oleh karena itu mereka mesti tahu cara berkendara yang baik,” katanya.
 
Menurut Budi, kegiatan touring  berkonsep ‘Milenial Safety Riding’ itu sebagai upaya pemerintah untuk mengkampanyekan berkendara yang aman.
 Kegiatan touring tersebut didampingi Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru dan Wali Kota Palembang Harnojoyo juga bersama komunitas bikers Kota Palembang.
 
Rombongan touring melakukan start dari pelataran Benteng Kuto Besak menyusuri jalan Merdeka menuju kawasan Kambang Iwak Palembang.
 
"Tingkat kecelakaan lalu lintas saat ini cukup tinggi, khususnya kendaraan roda dua, bersama para komunitas biker kota Palembang kami ingin mengkampanyekan berkendara aman, kami berharap dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas," ungkap Budi.
 
Dia  menuturkan pihaknya selalu menyalakan lampu motor meski di siang hari dan memakai helm sesuai standar keselamatan.
 
“Kemenhub ingin sekali safety riding menjadi bagian yang penting. Anak-nak milenial yang gandrung dengan motor, silakan berkreasi. Lakukan inovasi dengan membangun motor custom dan sejenisnya tetapi jangan lupakan soal keselamatan baik standar kendaraannya maupun cara berkendaranya,” papar Budi.
 
Gubernur Sumsel Herman Deru menyatakan pentingnya memerhatikan aspek keselamatan dalam hal apapun. Ia meminta milenial Sumsel untuk benar-benar menjadikan safety riding sebagai budaya hari-hari.
 
Dia bersama Wali Kota Palembang telah merancang rencana pembuatan sirkuit balap.  Sehingga generasi muda yang memiliki hobi otomotif, terutama sepeda motor, punya sarana untuk menyalurkan hobinya tersebut secara aman.
 
"Dalam rangka memberikan tempat bagi anak-anak muda kota Palembang yang hobi balap, saya bersama Pak Wali Kota akan segera membangun sirkuit balap, jangan balap di jalan raya," ujarnya.
 
Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, masyarakat khususnya anak muda harus benar-benar memperhatikan keselamatan dalam berkendara.
 
"Yang paling penting, pertama pastikan semua lengkap, mulai dari kendaraan bermotor, helm, jaket, dan perlengkapan lainnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper