Gubernur Ajak IATMI Cari Potensi Migas di Sumbar

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mengajak Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) untuk menggali potensi minyak dan gas (migas) yang ada di provinsi tersebut.
Heri Faisal | 02 Oktober 2018 17:56 WIB
Blok migas - Ilustrasi

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mengajak Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) untuk menggali potensi minyak dan gas (migas) yang ada di provinsi tersebut.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutkan meski tidak besar, tetapi Sumbar juga memiliki potensi migas, yaitu di Blok Singkarak, Kabupaten Sijunjung.

“Sumbar juga punya potensi migas walau tidak banyak. Dulunya ditemukan Caltex di tahun 60-an, yaitu Blok Singkarak, tetapi karena keterbatasan teknologi mereka batal,” kata Irwan di acara Simposium IATMI di Padang, Selasa (2/10/2018).

Dia meyakini tidak hanya di Blok Singkarak, potensi migas di Sumbar juga ada di daerah lainnya, seperti Kepulauan Mentawai yang wilayahnya sangat luas, namun belum dilakukan penelitian.

Irwan mengungkapkan untuk Blok Singkarak, sudah mulai dilakukan eksplorasi dengan potensi gas setara kebutuhan listrik 200 MW.

Lapangan gas yang diberi nama lapangan Sinamar itu digarap oleh PT Radiant Energy dan ditargetkan menghasilkan gas tahun depan untuk kebutuhan listrik.

Tutuka Ariadji, Ketua Umum IATMI mengatakan menyambut baik ajakan gubernur Sumbar untuk mencari potensi migas di wilayah itu.

“Kami menyambut baik ajakan gubernur, dan segera akan kami tindak lanjuti,” katanya.

Dia menyebutkan perlu upaya bersama untuk menggali potensi – potensi migas di Tanah Air, guna memenuhi kebutuhan dalam negeri, sekaligus meningkatkan ekspor.

Tag : migas, sumbar
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top