Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Sumbar Ultimatum OPD soal Realisasi Anggaran

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengultimatum kepala organisasi perangkat daerah (OPD) setempat agar menyelesaikan realisasi anggaran minimal 95% sampai November tahun ini.
Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno/Irwan^prayitno.com
Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno/Irwan^prayitno.com

Bisnis.com, PADANG—Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengultimatum kepala organisasi perangkat daerah (OPD) setempat agar menyelesaikan realisasi anggaran minimal 95% sampai November tahun ini.

Irwan menyebutkan tidak segan mengganti pejabat OPD yang berkinerja buruk atau gagal mencapai realisasi anggaran tahun ini, minimal 95%.

“Realisasi APBD adalah jaminan pembangunan terlaksana dengan baik, sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat. Makanya capaian masing – masing OPD menjadi salah satu evaluasi kepala dinasnya,” kata Irwan, Selasa (14/8/2018).

Dia menargetkan seluruh dinas harus bisa mencapai realisasi anggaran minimal 95% hingga November tahun ini.

Sekaligus, dia menyatakan tidak segan – segan mengganti pejabat berkinerja buruk dengan pejabat lainnya yang mampu menunjukkan kinerja yang baik.

“Di Pemprov banyak pejabat yang berkompeten, mereka bisa dipromosikan jika pejabat yang sekarang tidak maksimal,” ujarnya.

Menurutnya, dari pemetaan potensi yang dilakukan Pemprov Sumbar setidaknya terdapat 50 eselon III yang memiliki kemampuan setara eselon II.

Adapun, data Biro Administrasi Pembangunan dan Kerjasama Rantau Setprov Sumbar menyebutkan realisasi APBD daerah itu pada semester I relatif rendah, yaitu hanya 39,4% untuk realisasi fisik dan 32,46% untuk realisasi keuangan.

“Harusnya pada semester I atau Juni 2018, realisasi APBD pada OPD sudah mencapai 50%,” katanya.

Irwan mengungkapkan realisasi rendah tersebut karena banyak administrasi lelang kegiatan OPD yang tidak lengkap dalam pelaporannya, sehingga belum terekam data realisasi APBD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper