Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apindo Mengeluh, Harga Gas di Sumut Masih Tinggi

Kendati pemerintah sudah mendorong penurunan harga gas, kalangan pelaku usaha menyebutkan harga gas di kawasan Sumatera Utara masih tinggi.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MEDAN – Kendati pemerintah sudah mendorong penurunan harga gas, kalangan pelaku usaha menyebutkan harga gas di kawasan Sumatra Utara masih tinggi.

Menurut Johan Brien, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut yang juga Ketua Asosiasi Perusahaan Pemakai Gas Indonesia (Apigas), harga gas di Sumut masih menjadi yang termahal di dunia.

Padahal, di sisi lain, Presiden telah mengamanatkan agar harga gas industri diarahkan ke level USD6/mmbtu sesuai Perpres nomor 40/2016.

“Harga gas untuk semua sektor industri di Sumut masih di level US$9,95/mmbtu, masih termahal di dunia,” katanya kepada Bisnis, Minggu (15/7.2018).

Kebijakan harga gas sebesar US$6/mmbtu baru dinikmati tiga sektor industri yakni pupuk, baja dan petrokimia, khususnya perusahaan pelat merah. Adapun, industri milik swasta dikatakan masih belum mendapat harga gas US$6/mmbtu.

Lebih lanjut, aksi akuisisi yang dilakukan Perusahaan Gas Negara (PGN) atas Pertagas juga dinilai masih belum berdampak terhadap perubahan harga gas di Sumut.

Padahal, dengan adanya holding migas hilir yang dipegang oleh PGN, diharapkan ada mekanisme subsidi silang sehingga harga gas bisa sama di setiap daerah.

“Industri pemakai gas Sumut menunggu janji PGN yang bilang harga gas akan turun. Walaupun sebenarnya industri pemakai gas Sumut lebih optimistis jika holding migas hilir didominasi Pertagas, semoga industri pemakai gas Sumut yang pesimistis atas janji PGN ini tidak seterusnya pesimistis,” paparnya.

Johan yang juga Komtap bidang ESDM di Kamar Dagang Indonesia (Kadin) memaparkan, sikap pesimistis pelaku usaha tersebut lantaran sederet pengalaman kurang baik dalam berbisnis dengan PGN yang menjadi supplier tunggal gas di Sumut.

PGN adalah pemegang pipa hilir gas dan membeli gas dari Pertagas atau Pertamina, baik yang bersumber dari Pangkalan Susu maupun di Arun, Aceh.

Menurutnya, harga gas tetap mahal akibat tata kelola yang tidak efisien. Sebagai contoh, dia menyebutkan floating storage regasification unit (FSRU) yang seyogiyanya ada di Belawan malah dipindahkan ke Lampung.

“Kalau tidak dipindahkan, harga gas Sumut akan US$8/mmbtu,” katanya.

Dia juga menyoroti pengenaan biaya pipa distribusi ke industri sekitar US$1,40/mmbtu dengan panjang 700 km. Perhitungan Apigas, untuk pipa ke KIM (Kawasan Industri Medan) Mabar, KIM Star Tanjung Morawa dan industri di jalan Binjei sekitar 60 km.

“Kalau pun digenapkan jadi 100km, biaya toll fee pipa hanya US$0,20/mmbtu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dengan dipindahkannya FSRU ke Lampung dan gas hasil kilang regasifikasi dari Arun dipasok ke Belawan, menurut Johan, seharusnya toll fee pipa dari Arun ke Belawan ditanggung pemerintah dan tidak dibebankan ke industri Sumut.

“Biaya toll fee pipa PGN juga tidak pernah turun malah naik, padahal umur pipa telah 35 tahun kurang lebih. Belum lagi pengenaan surcharge jika kelebihan pakai dan minimum charge jika kurang pakai gas. PGN tidak pernah negosiasi dengan industri, waktu menaikkan harga gas US$14/mmbtu, langsung dinaikkan dengan keputusan direksi.

Pelaku usaha berharap ada perubahan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumut. “Industri Sumut hanya ingin agar harga gas berdaya saing dan treatment yang sama dijalankan untuk Sumut maupun daerah lainnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper