Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilkada Sumsel Dipastikan Lancar dan Aman

Gubernur Sumsel Alex Noerdin memastikan pelaksanaan Pilkada 27 Juni berlangsung lancar dan aman.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PALEMBANG -- Gubernur Sumsel Alex Noerdin memastikan pelaksanaan Pilkada 27 Juni berlangsung lancar dan aman.

Alex mengatakan semua0 pihak terkait telah diajak dalam rapat koordinasi pengamanan Pilkada Serentak 2018 yang di dalamnya membahas antisipasi masalah-masalah yang tidak diinginkan.

Sebagai salah satu provinsi yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018, tentu jarak Pilkada pada bulan Agustus sangat dekat.

“Kita di sini yang mempunyai satu posisi yang sangat rawan dalam tanda kutip, menyelesaikan Pilkada melaksanakan Asian Games. Oleh karena itu mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas provinsi ini," katanya, Rabu (27/6/2018).

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan sejauh ini untuk keamanan di Sumsel tidak ada masalah berarti.

Mengenai potensi konflik di Kabupaten Empat Lawang, kata dia, pihak Kepolisian sudah mem-back up dengan kendali operasi ada 3 Kompi Brimob, 1 Peleton Sabhara, kemudian 300 personel TNI, dan di setiap kecamatan 1 Peleton pengamanan.

Terkait pengamanan Pilkada sampai H-I, pihaknya, kata Kapolda sudah menyiapkan personie kurang lebih 9.876 orang.

Berdasarkan data terakhir dari Ketua KPU ada 16.903 TPS, kemudian anggota Polisi yang mengamankan TPS 6.453 personel.

“Artinya tidak mampu setiap TPS satu polisi, tidak bisa. Jadi kami kategorikan TPS itu menjadi empat kategori yaitu aman, rawan satu, rawan dua dan TPS khusus,” ujarnya.

Dijelaskannya, rawan satu dan rawan dua pertimbangannya adalah faktor kriminalitas serta jarak tempuh. Sehingga, kata Jendral Bintang Dua itu, dua polisi ada yang mengamankan 4 TPS ada yang mengamankan 5 TPS kalau dia aman. Akan tetapi untuk rawan satu dan rawan dua, satu polisi satu TPS.

"Jadi dua polisi di dua TPS. Sejauh ini Alhamdulillah tidak ada masalah. Kita juga dapat dukungan dari TNI, setidaknya ada 4.787 personel TNI yang ikut mengamankan Pilkada ini," kata Zulkarnain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper