Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Riau Diminta Manfaatkan Peluang Ekspor Limbah Lidi Sawit

Lidi sawit yang selama ini menjadi limbah, ternyata bernilai tinggi dan bisa diekspor, namun belum banyak masyarakat yang tahu termasuk di Riau.
Buah kelapa sawit/Antara
Buah kelapa sawit/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU -- Lidi sawit yang selama ini menjadi limbah, ternyata bernilai tinggi dan bisa diekspor, namun belum banyak masyarakat yang tahu termasuk di Riau.

Anggota Komisi VI DPR RI asal Riau Idris Laena mengatakan Riau punya potensi besar sebagai pengekspor lidi sawit.

"Lidi sawit ada pasarnya seperti ke Malaysia dan Uzbekistan. Karena itu perlu memahami dan mengambil kesempatan dalam peluang ini," katanya Rabu (4/3/2018).

Menurut dia, lidi sawit dapat diolah menjadi asbes dan kalsiboard, yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Dengan pengetahuan yang tepat, masyarakat Riau yang memang sebagian besar berusaha di bidang kelapa sawit, dapat ikut menjalankan kerajinan serta usaha bidang tersebut.

Pihaknya bersama Kementerian Perindustrian berkomitmen membantu masyarakat, dengan cara memberikan pelatihan serta bimbimgan teknis, dengan mendatangkan ahli pengrajin dari Yogyakarta dan Bandung.

Selain itu, Kemenperi juga memberikan bantuan alat pengolah lidi sawit sehingga memudahkan pekerjaan masyarakat dalam mengubah limbah menjadi asbes dan kalsiboard.

"Jadi harapan kami semoga upaya ini mendorong lahirnya pengusaha baru di bidang ekonomi kreatif khususnya mengolah limbah lidi sawit," katanya.

Adapun kelapa sawit menjadi komoditas unggulan yang memberi kontribusi cukup besar bagi ekonomi Riau, dengan luas perkebunan sawit mencapai 3 juta hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper