Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bekraf Pertemukan 200 Pelaku Ekonomi Kreatif Palembang dengan Perbankan

Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf melalui memfasilitasi 200 pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) di Palembang untuk mendapatkan pembiayaan dari perbankan melalui business matching.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, PALEMBANG -- Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf melalui memfasilitasi 200 pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) di Palembang untuk mendapatkan pembiayaan dari perbankan melalui business matching.

Kasubbag TU Akses Perbankan Bekraf, Eka Pan Lestari, mengatakan business matching adalah kegiatan yang dapat membantu para pelaku ekonomi kreatif untuk dapat terus tumbuh dan berkembang dengan dukungan pembiayaan perbankan.

"Harapan kami, pelaku usaha ekraf bisa mengakses dan mendapatkan pembiayaan perbankan sesuai kebutuhan mereka," katanya di Palembang, Selasa (20/3/2018).

Dia mengemukakan dalam agenda tersebut Bekraf mempertemukan pelaku usaha ekraf dengan perbankan konvensional jaringan Bekraf, yaitu Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Sumsel Babel, Bank Tabungan Negara (BTN) dan Maybank.

"Kami menggelar Business Matching di 14 kota, Palembang sendiri terpilih karena potensi ekonomi kreatif yang tinggi," katanya.

Sementara itu Direktur Akses Perbankan Bekraf Restog K. Kusuma mengatakan berdasarkan survei BPS, lebih dari 90% permodalan pelaku usaha ekraf berasal dari dana pribadi.

"Bekraf menggelar business matching untuk memberikan akses pelaku usaha ekraf kepada perbankan sebagai sumber pembiayaan yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pembiayaan dalam mengembangkan usaha,” katanya dalam siaran pers.

Restog menambahkan ekonomi berbasis pengetahuan, inovasi, dan kreatifitas menyumbang hampir 1.000 Triliun pada PDB ekraf nasional.

Berdasarkan survei IFC, lembaga keuangan di Indonesia mensyaratkan jaminan dalam bentuk tanah dan bangunan sebesar 73%. Padahal, aset UKM Indonesia saat ini hanya 22% yang bentuknya tanah serta bangunan.

Business matching adalah upaya Bekraf untuk meningkatkan pemahaman perbankan atas kebutuhan pembiayaan pelaku usaha ekraf yang sesuai dengan nature business mereka sekaligus memperbesar peluang pelaku ekraf mendapatkan pembiayaan perbankan dengan proposal pengajuan pembiayaan yang memenuhi kriteria perbankan.

Pemimpin Sentra Kredit Kecil BNI Cabang Palembang, Ferry Emiriza, menjadi perwakilan bank konvensional yang hadir untuk menjelaskan permodalan dan pembiayaan perbankan konvensional yang bisa diakses oleh pelaku usaha ekraf sekaligus persyaratannya.

Diharapkan pelaku usaha ekraf mendapatkan pengetahuan dasar untuk mengakses pembiayaan perbankan konvensional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper