Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Sumbar Minta Pengawasan Tambang Diperketat

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat meminta pengawasan terhadap sektor pertambangan harus diperketat untuk mengantisipasi terjadinya dampak lingkungan buruk yang dihasilkannya.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Provinsi Sumatra Barat meminta pengawasan terhadap sektor pertambangan harus diperketat untuk mengantisipasi terjadinya dampak lingkungan buruk yang dihasilkannya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutkan sektor tambang berkontribusi menyebabkan kerusakan lingkungan yang terjadi di wilayah Sumbar.

“Pertambangan harus diawasi, dan kami perketat izinnya. Itu [pengawasan] juga tugasnya Bupati dan Walikota, karena tidak mungkin diserahkan saja ke provinsi,” katanya, Kamis (15/3/2018).

Irwan meminta pemerintah daerah, kabupaten dan kota untuk tetap bersama melakukan pengawasan terhadap kegiatan tambang di wilayah masing-masing.

Apalagi, kegiatan tambang selama ini banyak menyebabkan bencana di berbagai daerah, seperti banjir dan longsor di Kabupaten Limapuluh Kota, Solok Selatan, Solok, Pasaman Barat dan daerah lainnya.

Pengawasan tambang, imbuhnya, termasuk tambang mineral dan galian C yang dalam beberapa tahun terakhir pelakunya kerap kucing-kucingan dengan petugas karena aktivitas yang dilakukan ilegal.

Dia mengingatkan agar petugas tidak ikut bermain, apalagi terlibat membekingi kegiatan penambangan ilegal.

“Saya tidak segan menindak petugas yang ikut bermain membekingi kegiatan tambang ilegal,” ujarnya.

Selain itu, Irwan menjadi Pemprov Sumbar akan memperketat pemberian izin bagi perusahaan tambang yang akan beroperasi di daerah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler