Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng PWI, Bank Sumut Menggelar Lokakarya Jurnalistik Perbankan

Bank Sumut bekerja sama dengan DPD PWI Sumatera Utara menggelar Workshop Jurnalistik Perbankan sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan kalangan insan pers, khususnya sektor perbankan.
Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto (kanan) saat melepas melepas rombongan dari Kantor Bank Sumut,  Jl.  Imam Bonjol Medan,  Rabu (18/10/2017)./Siti Munawaroh
Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto (kanan) saat melepas melepas rombongan dari Kantor Bank Sumut, Jl. Imam Bonjol Medan, Rabu (18/10/2017)./Siti Munawaroh

Bisnis.com, MEDAN – Bank Sumut bekerja sama dengan DPD PWI Sumatera Utara menggelar Workshop Jurnalistik Perbankan sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan kalangan insan pers, khususnya sektor perbankan.

Workshop jurnalistik perbankan yang diikuti puluhan jurnalis dari berbagai media di Medan tersebut digelar di The Hill, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, selama tiga hari (18 Oktober-20 Oktober 2017).

Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto menyambut baik kegiatan lokakarya jurnalistik perbankan hasil kerja sama Bank Sumut dan PWI tersebut, bahkan siap untuk mendukung.

"Bentuk kerjasama PWI dengan Bank Sumut tentunya seperti workshop jurnalistik perbankan. Itu merupakan bentuk kerja sama harmonis antara Bank Sumut dengan insan pers," ujar Edie, saat melepas rombongan dari Kantor Bank Sumut,  Jl.  Imam Bonjol Medan,  Rabu (18/10/2017).

Menurut Edie, saat ini perbankan banyak menghadapi tantangan terutama terkait financial technology (Fintec). Untuk itu, jelas Edie, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menganjurkan perbankan untuk melakukan kerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Saat ini Bank Sumut selaku BPD, merupakan yang terbesar di luar Pulau Jawa. Banyak inisiatif dan kerjasama dengan mitra kerja lainnya, dan diangkat menjadi percontohan oleh OJK untuk seluruh BPD se-Indonesia,” tutur Edie.

Dia mencontohkan, Bank Sumut sudah bekerjasama dengan Sparkassen Bank Jerman sejak 2011 untuk memaksimalkan potensi pembiayaan mikro. Oleh OJK, lanjut Edie, hal ini diangkat ke level nasional dan seluruh BPD diminta untuk mencontoh Bank Sumut.

“Kami juga kerja sama dengan SMF [Sarana Multi Griya Finansial] untuk refinancing, kemudian kerjasama  membuat SOP KPR. Kerjasama ini juga diangkat ke level nasional. Ini contoh-contoh inisiatif Bank Sumut di tingkat nasional, dan yang sudah baik itu langsung diterapkan untuk seluruh BPD,” paparnya.  

Melalui kegiatan workshop itu,  Edie berharap bisa memberikan manfaat dan membawa kebaikan.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut Hermansyah menyatakan apresiasi atas kerja sama dengan Bank Sumut dan kegiatan ini merupakan kerjasama perdana PWI Sumut periode kepemimpinannya, dalam rangka meningkatkan dan menambah wawasan insan pers mengenai perbankan.

"Peserta akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan tentang perbankan. Kami berharap melalui pelatihan ini benar-benar menggali ilmu tentang perbankan sedalam-dalamnya. Kami juga berharap kegiatan ini bisa terlaksana rutin setiap tahun," ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, wartawan ini terdiri dari berbagai disiplin ilmu, sehingga dengan adanya pelatihan ini bisa menambah wawasan dan pembelajaran bagi peserta dalam peliputan tentang perbankan. Harapannya, apa yang dituliskan wartawan di media massa bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca.

Workshop akan menghadirkan beberapa narasumber untuk saling sharing tentang perbankan, salah satunya Redaktur Harian Bisnis Indonesia, Stefanus Arief Setiaji.

Sebelum rombongan diberangkatkan, Dirut Bank Sumut didampingi Ketua PWI Sumut Hermansyah dan Sekretaris PWI Sumut Edward Thahir secara simbolis menyematkan bet peserta kepada peserta Indah Pratiwi dari Harian Analisa dan Sugiarto dari Harian Waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Siti Munawaroh
Editor : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper