Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sumut Raih Penghargaan dengan Predikat Sangat Bagus atas Kinerja 2017

PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) kembali mendapatkan penghargaan atas capaian kinerja keuangan tahun 2017.
Bank Sumut/banksumut.com
Bank Sumut/banksumut.com

Bisnis.com, MEDAN – PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) kembali mendapatkan penghargaan atas capaian kinerja keuangan tahun 2017.

Bank Sumut dinilai layak oleh Majalah Infobank untuk meraih predikat Sangat Bagus atas kinerja keuangan tahun 2017 untuk kategori Bank BUKU II dengan aset di atas Rp25 triliun. Predikat tersebut merupakan predikat tertinggi dari rating yang melibatkan 115 bank di Indonesia.

Penganugrahan penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto dalam event Infobank Award 2018 yang digelar di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Selasa (14/8/2018).

Menurut Biro Riset Infobank, sebagaimana dilangsir dari Majalah Infobank vol Xl nomor 480 edisi Juli 2018, ada empat pendekatan yang digunakan sebagai kriteria dalam rating dan menentukan penilaian, yakni pendekatan rasio keuangan penting, pertumbuhan, Good Corporate Governance dan profil risiko.

Berdasarkan keempat pendekatan tersebut, hanya 64 bank yang berhasil meraih predikat sangat bagus, 23 bank mendapatkan predikat bagus, 15 bank memperoleh nilai cukup bagus, 4 bank dinilai tidak bagus dan 9 bank tidak dapat dirating.   

Pemimpin Redaksi Majalah Infobank Eko B. Supriyanto menyebutkan dalam sambutannya bahwa Biro Riset Infobank melakukan penelitian secara independen.

“Kami tetap memegang integritas dan kepercayaan dari perbankan. Saya menghargai sekali bank-bank yang hadir pada malam hari ini adalah bank-bank yang berhasil mendapatkan penghargaan, adalah bank-bank yang memenuhi empat kriteria, bank-bank yang tumbuh dengan baik, bank-bank yang melaksanakan GCG dengan baik, dan mengumumkan profil risiko dengan terbuka. Kami ucapkan selamat kepada para pemenang,” katanya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (15/8/2018).

Direktur Utama Bank Sumut Eddie Rizliyanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras hingga menorehkan kinerja keuangan yang sangat baik di tahun 2017.

“Semua ini tak terlepas dari peran seluruh pegawai Bank Sumut, manajemen, hingga jajaran komisaris yang tak pernah lelah dan lengah untuk tetap mempertahankan prestasi. Semoga hal ini dapat terus ditingkatkan ke depannya,” kata Eddie.

Eddie juga menyampaikan bahwa penghargaan itu dipersembahkan untuk nasabah dan masyarakat Sumut yang telah mendukung dan percaya kepada Bank Sumut sehingga dapat terus berkontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia khususnya Sumatera Utara.

Bank Sumut mencatatkan pertumbuhan positif pada 2017 yang tampak dari sejumlah indikator keuangan utama. Antara lain, dari sisi laba bersih yang tumbuh 7,79% secara year on year (yoy) menjadi Rp630 miliar dari sebelumnya sebesar Rp584 miliar pada akhir 2016.

Sementara itu, aset perseroan juga tercatat tumbuh 10,55% (yoy) menjadi Rp28,98 triliun. Selanjutnya, kredit dan dana pihak ketiga (DPK) juga tercatat tumbuh masing-masing sebesar 5,69% dan 11,32% menjadi Rp20,64 dan 23,16 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper