Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naik dari Tahun Lalu, Realisasi Pajak Pekanbaru Capai Rp692 Miliar

Pemkot Pekanbaru berhasil mencatatkan realisasi pajak daerah sebesar Rp692 miliar per 24 Oktober 2024, meningkat Rp42 miliar dibandingkan sebelumnya.
Ilustrasi pajak. Dok Freepik
Ilustrasi pajak. Dok Freepik

Bisnis.com, PEKANBARU — Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru berhasil mencatatkan realisasi pajak daerah sebesar Rp692 miliar per 24 Oktober 2024, meningkat Rp42 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) berkontribusi signifikan dalam angka ini, dengan capaian Rp162 miliar, naik 14% atau sekitar Rp20 miliar dari tahun lalu.

Pj Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa menyampaikan apresiasi kepada camat, lurah, dan ketua RW yang berhasil mengajak masyarakat membayar PBB-P2 tepat waktu. Pihaknya berkomitmen dalam mewujudkan pelayanan pajak yang akuntabel dan transparan, yang penting dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Keberhasilan daerah otonom tidak hanya diukur dari kemandirian, tetapi juga dari kemampuan meningkatkan PAD tanpa terlalu bergantung pada pusat. Kami ingin menjadikan Pekanbaru sebagai kota yang mandiri dengan PAD sebagai penopang utama,” ujarnya, Senin (28/10/2024).

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru Alek Kurniawan menambahkan bahwa sektor pajak daerah kini mencapai Rp838,72 miliar atau 82,38% dari target PAD 2024 yang dipatok Rp1,018 triliun. 

"Ini adalah capaian yang sangat baik dan menunjukkan kontribusi pajak daerah sebagai pilar utama dalam pendapatan daerah Pekanbaru,” kata Alek.

Pemkot Pekanbaru juga berfokus pada peningkatan indeks kemandirian fiskal, yang saat ini berada di angka 35,16%, sebagai tanda optimisme untuk mencapai target di atas 50%. 

“Kami terus bekerja sama dengan seluruh OPD untuk memaksimalkan potensi PAD agar dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” jelas Alek.

Sebagai apresiasi kepada wajib pajak, Pemkot Pekanbaru mengadakan Gebyar Undian PBB-P2 Berhadiah untuk mendorong masyarakat lebih patuh membayar pajak. Berbagai hadiah, seperti paket umrah, sepeda motor, dan perangkat elektronik, diberikan kepada wajib pajak yang taat. 

Kecamatan Marpoyan Damai meraih penghargaan tertinggi dalam realisasi PBB-P2, dengan insentif khusus juga diberikan bagi kecamatan dan kelurahan yang mencatatkan capaian terbaik.

Dengan langkah-langkah ini, Pemkot Pekanbaru akan terus berupaya menjaga kepercayaan masyarakat melalui pengelolaan pajak yang akuntabel, sehingga pembangunan kota dapat terus berlangsung dengan dukungan dari pajak yang terhimpun.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper