Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Optimisme Daihatsu di Tengah Penurunan Kelas Menengah

Penjualan Sigra mencapai 6.300 unit di Sumsel pada 2023. Kemudian, data year to date per Agustus 2024 sudah terjual hingga 3.300 unit.
Kepala Wilayah Astra Daihatsu Sumbagsel Stevan Kristianto (tengah) berfoto bersama jajaran dalam acara media gathering Astra Daihatsu di Palembang, Rabu (25/9/2024)./Bisnis-Herdiyan
Kepala Wilayah Astra Daihatsu Sumbagsel Stevan Kristianto (tengah) berfoto bersama jajaran dalam acara media gathering Astra Daihatsu di Palembang, Rabu (25/9/2024)./Bisnis-Herdiyan

Bisnis.com, PALEMBANG – Mungkin belakangan ini Anda sering mendengar soal jumlah penduduk kelas menengah di Indonesia yang menurun. Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) akhir Agustus lalu, jumlah penduduk yang masuk kelas menengah selama 5 tahun terakhir menurun.

Proporsi kelas menengah Indonesia pada 2024 sebanyak 47,85 juta penduduk, lebih rendah dibandingkan dengan 2019 sebanyak 57,33 juta penduduk.

Melihat data itu, sudah barang tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku industri otomotif Tanah Air, salah satunya PT Astra Daihatsu Motor yang menyasar kelas menengah.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pasar otomotif pada September lebih rendah dibandingkan volume market pada bulan sebelumnya.

Penjualan ritel Daihatsu tercatat sebanyak 12.490 unit pada September, atau turun 11,63% secara bulanan dibandingkan dengan Agustus sebanyak 14.135 unit.

Sementara itu, sepanjang Januari-September 2024 penjualan Daihatsu dari diler ke konsumen sebanyak 129.848 unit dengan pangsa pasar 19,8% secara nasional.

Ditinjau dari modelnya, penjualan Daihatsu masih didominasi oleh Astra Daihatsu Sigra sebesar 34% dan Gran Max Pick Up yang memberikan kontribusi sebesar 23% dari total penjualan.

Kepala Wilayah Astra Daihatsu Sumbagsel Stevan Kristianto menuturkan penjualan Sigra yang termasuk low cost green car (LCGC) mencapai 6.300 unit di Sumatra Selatan (Sumsel) pada 2023. Kemudian, data year to date per Agustus 2024 sudah terjual hingga 3.300 unit.

Menurutnya, angka ini menurun sedikit, namun masih dalam tren positif. “Penurunan ini faktor pembiayaan leasing ada terkoreksi tapi ini jadi tantangan kami,” ujarnya dalam media gathering Astra Daihatsu di Palembang, Rabu (25/9/2024).

Dia menjelaskan Sigra menyasar pasar kelas menengah yang baru pertama kali membeli mobil. Dengan pertimbangan tertentu, konsumen lebih memilih Sigra dibandingkan tipe di bawahnya, Ayla.

“Sigra ini memang menyasar konsumen first car buyer atau pembeli mobil untuk kebutuhan utama, sekaligus mobil pertama,” ujarnya.

Terkait dengan penurunan kelas menengah, dia mengatakan Astra Daihatsu yang dinaungi oleh PT Astra international Tbk. (ASII) menjadikan itu sebagai tantangan dalam mengembangkan pasar otomotif Tanah Air.

Stevan mengungkapkan spesifikasi Sigra menjadi faktor kendaraan tersebut menjadi opsi utama pembelian roda empat di Sumsel. Keunggulan mobil tipe ini, antara lain irit bahan bakar, harga terjangkau dan ekonomis, sekaligus memenuhi kebutuhan keluarga.

Peminat Sigra secara jenis dan tipe merata untuk mesin 1.000 CC maupun 1.200 CC. “Bahkan karena minat tinggi, ada tipe inden, untuk tipe R dan X,” ujarnya.

Pasar Sigra yang masih tinggi didorong sistem perawatan kendaraan yang mudah, biaya perbaikan kendaraan yang minim, apabila ada keluhan hingga memberikan kenyamanan pengguna, terutama untuk pembeli Sigra yang baru berumah tangga.

“Selain harga ekonomis, komplain mudah, biaya perawatan aman dan ditambah kapasitas sampai 7 penumpang. Pas bagi keluarga baru, kebanyakan pembelian untuk pribadi dan konsumen 90% kredit,” ungkapnya.

Peminat Sigra paling tinggi, terbukti pada tahun lalu terjual hingga 63.200 unit secara nasional. Sampai saat ini, Astra Daihatsu masih yakin berada pada segmen spesial bermain sendiri di segmen multi-purpose vehicle low cost green car (MPV LCGC).

“Strategi ke depan Daihatsu adalah tetap memberikan pelayanan yang terbaik untuk mendukung penjualan mobil baru sambil tentunya melihat pergerakan kompetitor di pasar otomotif,” ujarnya.

Daihatsu berharap seiring dengan transisi pemerintahan baru, perekonomian dapat semakin positif dan pasar otomotif dapat bergairah kembali, sehingga daya beli masyarakat terhadap sektor otomotif dapat meningkatkan volume penjualannya.

Penjualan Mobil Segera Pulih

Gaikindo menyampaikan optimisme bahwa penjualan kendaraan roda empat di Indonesia akan segera pulih.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menuturkan kondisi saat ini memang agak berat untuk industri otomotif Indonesia. Namun, ada sejumlah faktor yang memberikan secercah harapan untuk membaik.

“Kita jaga optimisime kita, pasar kendaraan roda empat cukup menantang. Indonesia adalah pasar terbesar di Asean, 30% penjualan kendaraan roda empat di Asean ada di Indonesia,” ujarnya.

Dia mengatakan Indonesia memiliki potensi penjualan mobil yang lebih baik dibandingkan negara-negara di Asean. Sebab, rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih rendah.

Tak hanya itu, faktor positif lainnya untuk mendorong penjualan mobil di Tanah Air yakni penurunan suku bunga.

Diketahui, Bank Sentral AS The Fed memangkas suku bunga ke level 4,75%-5%, diikuti Bank Indonesia (BI) yang juga menurunkan suku bunga ke level 6% pada September 2024.

“Meskipun tantangan penjualan menurun, namun ini sudah mulai membaik. Kita melihat ada sentimen positif, The Fed sudah menurunkan interest rate dan diikuti BI yang diharapkan menggairahkan penjualan kendaraan bermotor,” pungkas Kukuh.

Gaikindo pun masih berharap di sisa tiga bulan ini, pihaknya dapat menggenjot penjualan mobil sampai akhir tahun, dengan mengadakan berbagai pameran otomotif.

Daihatsu End Year Festival (DAIFEST) 2024

Astra Daihatsu kembali mengadakan Daihatsu End Year Festival 2024 (DAIFEST 2024). Program penjualan khusus akhir tahun sudah dapat dinikmati mulai 1 September-31 Desember 2024.

Program DAIFEST 2024 hadir dalam beberapa rangkaian kegiatan, di antaranya pameran di Plaza Medan Fair pada 4-9 September 2024, AEON BSD Tangerang dan Balikpapan Superblock pada 24-29 September 2024.

Selain pameran, DAIFEST 2024 juga hadir dalam kegiatan customer gathering yang akan dilaksanakan setiap bulan sampai dengan bulan Desember 2024 di masing-masing kota.

Masih mengusung tagline #SerunyaBeliDaihatsu, tersedia banyak promo spesial dan kesempatan untuk memenangkan undian berhadiah total 9 paket liburan ke Koh Samui (Thailand), 9 paket liburan ke Belitung, 18 emas masing-masing 5 gram, 36 voucher belanja masing-masing Rp1 juta, dan grand prize berupa 1 unit mobil Daihatsu Rocky yang akan diundi pada Januari 2025.

“Sebagai komitmen Astra Daihatsu dalam memberikan pelayanan baik penjualan maupun purnajual, kami melaksanakan program DAIFEST 2024 untuk menjawab kebutuhan konsumen yang ingin membeli mobil. Harapannya, program DAIFEST ini dapat bermanfaat bagi yang akan merealisasikan pembelian mobil di tahun ini,” kata Tri Mulyono, Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper