Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kelompok Tani di Siak Kembangkan Komoditas Semangka dan Raup Penghasilan Ratusan Juta

Poktan Maju Bersama sukses memanen semangka di lahan seluas 4 hektare, yang terletak di depan Kantor Bupati Siak, dengan hasil yang memuaskan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU – Kelompok Tani Maju Bersama di Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, berhasil membuktikan bahwa lahan kosong dapat dimanfaatkan untuk usaha pertanian yang menguntungkan. 

Poktan ini sukses memanen semangka di lahan seluas 4 hektare, yang terletak di depan Kantor Bupati Siak, dengan hasil yang memuaskan.

Ketua Kelompok Tani Maju Bersama, Wangsa, mengungkapkan lahan tersebut merupakan pinjaman dari pemerintah daerah, yang sebelumnya tidak dimanfaatkan. Kelompok tani ini memutuskan untuk menanami lahan dengan semangka non-biji jenis amara, karena masa panennya yang relatif singkat, hanya 55 hari sejak ditanam.

"Lahan seluas 4 hektare ini kami kelola sendiri, dan kami memilih semangka karena cepat panen. Ini adalah panen perdana kami," ujarnya Rabu (2/10/2024).

Dari panen perdana ini, kelompoknya berhasil menghasilkan sekitar 50 ton semangka. Wangsa memperkirakan, jika cuaca dan kondisi tanah mendukung, mereka bisa melakukan panen hingga 6 kali dalam setahun, dengan total produksi mencapai 300 ton. 

Semangka hasil panen tersebut sudah dipasarkan ke berbagai daerah, termasuk Medan, Batam, Pekanbaru, dan Jakarta.

"Dengan panen sebanyak 6 kali setahun, total produksi bisa mencapai 300 ton. Kami targetkan pendapatan antara Rp150 juta hingga Rp200 juta per tahun, tergantung harga pasar yang saat ini berada di kisaran Rp5.000 per kilogram," ungkapnya.

Keberhasilan ini menunjukkan bahwa lahan kosong yang dikelola dengan baik bisa memberikan dampak ekonomi yang besar, terutama bagi para petani. 

Wangsa berharap, ke depannya pemerintah daerah dapat memberikan lebih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan oleh kelompok tani, sehingga semakin banyak petani yang merasakan manfaatnya.

"Lahan kosong seperti ini bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan petani. Kami berharap ada lebih banyak lahan yang bisa kami kelola," ujarnya.

Meski baru terbentuk satu tahun lalu, Kelompok Tani Maju Bersama sudah aktif mengelola lahan di beberapa daerah lain seperti Buatan, Dayun, dan Sungai Betung. 

Kedepannya, mereka berencana untuk terus mengembangkan budidaya tanaman lain yang bisa memberikan nilai ekonomi tinggi. 

Dengan semangat dan kerja keras yang konsisten, Poktan Maju Bersama optimistis hasil usaha ini akan terus membawa kesejahteraan bagi anggota kelompok tani dan masyarakat sekitarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper