Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bobby Cuti Kampanye Pilgub Sumut, Aulia Rahman Jadi Plt Wali Kota Medan

Bobby diketahui akan cuti mulai 25 September-23 November 2024 untuk mengikuti seluruh tahapan dalam Pemilihan Gubernur Sumatra Utara.
Wali Kota Medan Bobby Nasution yang juga calon Gubernur Sumatra Utara
Wali Kota Medan Bobby Nasution yang juga calon Gubernur Sumatra Utara

Bisnis.com, MEDAN – Wali Kota Medan Bobby Nasution yang juga calon Gubernur Sumatra Utara resmi cuti mulai hari ini, Rabu (25/9/2024) seiring dimulainya masa kampanye para paslon untuk Pilkada Serentak 2024.

Untuk sementara waktu, tampuk pemerintahan Kota Medan akan dipegang oleh Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman.

Per Senin (23/9/2024), Aulia Rachman ditunjuk Mendagri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan menggantikan Bobby untuk sementara waktu. Bobby diketahui akan cuti mulai 25 September-23 November 2024 untuk mengikuti seluruh tahapan dalam Pemilihan Gubernur Sumatra Utara.

Surat Pelaksana Tugas dari Mendagri kepada Aulia Rachman juga telah diserahkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Utara Agus Fatoni Senin lalu.

Aulia Rachman mengatakan dirinya akan berupaya menjalankan roda pemerintahan dengan baik. “Kami akan menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi (tugas, pokok, dan fungsi) dari Plt. ini. InsyaAllah kami tidak lari dari koridornya,” kata Aulia Rachman usai menerima Surat Perintah Tugas, dikutip Rabu (25/9/2024).

Aulia Rachman juga berharap tidak ada gesekan di Medan jelang hingga berakhirnya tahapan Pilkada nanti.

Deklarasi Pilkada Damai 

Adapun Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Pemprov Sumut) Rabu (25/9/2024) pagi tadi menggelar Deklarasi Pilkada Damai di salah satu hotel di Medan seiring dimulainya masa kampanye Pilkada Serentak 2024. Kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Bobby-Surya dan Edy-Hasan diundang Pemprov Sumut hadir dalam agenda ini.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sumut Ardan Noor mengatakan, Deklarasi Pilkada Damai merupakan wujud komitmen Pemprov Sumut ikut menjaga Pilkada Serentak 2024 berjalan damai.

Ardan menyebut, masa-masa kampanye merupakan momen penting untuk mengetahui visi-misi serta program yang digagas para calon. Dia berharap masyarakat semakin cerdas dalam memilih dan tidak mudah termakan isu-isu yang dapat memicu perpecahan.

“Dan seluruh pihak juga tidak melanggar aturan-aturan berkampanye,” lanjut Ardan.

Selain kedua paslon, deklarasi dihadiri oleh sekitar 500 peserta yang terdiri dari KPU kabupaten/ kota, Bawaslu kabupaten/ kota, kepala Kesbangpol se-Sumut, juga seluruh pengurus partai politik se-Sumut.

“Kami berharap seluruh pihak ikut berkomitmen menjaga kondusivitas Sumut di Pilkada kali ini, menjaga ketertiban, agar Pilkada kita berkualitas sehingga menjadi contoh bagi masyarakat,” ujar Ardan. (K68)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper