Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilkada Kepri 2024: Pilbup Anambas Diisi 4 Kontestan, Pilbup Bintan Dihantui Kotak Kosong

Pilkada di Kepulauan Riau (Kepri) tahun ini banyak diwarnai kejutan tak terduga, seperti kotak kosong, ayah dan anak yang ikut berpartisipasi.
Pilkada 2024/kpukotacimahi
Pilkada 2024/kpukotacimahi

Bisnis.com, BATAM - Pilkada di Kepulauan Riau (Kepri) tahun ini banyak diwarnai kejutan tak terduga, seperti kotak kosong, ayah dan anak yang ikut berpartisipasi, kemudian ada satu kabupaten yang bakal calon bupatinya diisi oleh empat kontestan.

Secara keseluruhan, kulminasi penyelenggaraan pilkada di tujuh kabupaten dan kota di Kepri mengarah pada duel antara petahana Ansar Ahmad yang berpasangan dengan Anggota DPRD Kepri Nyanyang Haris melawan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Aunur Rafiq, yang merupakan Bupati Karimun.

Ansar merupakan mantan Bupati Bintan dua periode (2005-2015), dan saat ini kontestasi pilkada di pulau terbesar di Kepri tersebut dihantui kotak kosong.

Seperti yang diketahui anak dari Ansar, yakni petahana Bupati Bintan, Robby Kurniawan kembali maju dalam Pilbup Bintan 2024. Ia didampingi oleh Deby Maryanti. Sayangnya ia akan melawan kotak kosong.

Robby didukung seluruh 13 partai yang duduk di DPRD Bintan, yaitu Partai Golkar, Gerindra, Demokrat, PPP, Nasdem, PKS, PAN, PDIP, PKB, PSI, Hanura, Gelora, dan Perindo.

Pemborongan partai ini otomatis menutup langkah calon lawannya untuk maju di Pilkada Bintan. 

Di Pilbup Karimun 2024, kontestannya diisi tiga bakal calon, yakni Iskandarsyah-Rocky Marciano Bawole. Kemudian Muhammad Firmansyah-Ery Suandi, dan terakhir Bakti Lubis-Raja Bakhtiar.

Pasangan Iskandarsyah-Rocky yang dua-duanya merupakan Anggota DPRD Kepri ini diusung oleh PKB, PKS dan Gerindra. Sedangkan Firmansyah yang merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Karimun dan pasangannya Ery Suandi yang juga Anggota DPRD Kepri ini didukung oleh Golkar.

Pasangan terakhir Bakti Lubis yang sebelumnya Anggota DPRD Kepri, dan Raja Baktiar dari DPRD Karimun diusung oleh Hanura, Demokrat, PDIP, PAN, dan Nasdem.

Di Pilbup Lingga 2024, ada dua kontestan yakni Muhammad Nizar-Novrizal dan Alias Wello dan Muhammad Ishak. Nizar merupakan petahana Bupati Lingga, sedangkan Novrizal adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Lingga.

Nizar dan Novrizal didukung oleh Demokrat, PKS, NasDem, Gerindra, Gelora, PKB, dan Golkar. Sedangkan lawannya Alias Wello merupakan mantan Bupati Lingga periode 2016-2020. Pasangannya Ishak pernah menjadi Kepala Dinas Kebudayaan Lingga 2015-2020. Pasangan ini diusung oleh PDIP dan Perindo.

Di ibukota Kepri, Tanjungpinang juga tengah hangat-hangatnya. Pilwako Tanjungpinang 2024 akan diisi oleh dua kontestan yakni Rahma-Riza Hafiz melawan Lis Darmansyah-Raja Ariza.

Rahma merupakan petahana, dan pasangannya merupakan politisi dari PKS. Rahma-Hafiz diusung oleh NasDem, PKS, Demokrat, PAN, PSI, PKB dan partai buruh.

Sedangkan Lis pernah menjadi Wali Kota Tanjungpinang 2013-2018, yang dilanjutkan dengan Anggota DPRD Kepri 2019-2024. Pasangannya Raza Ariza merupakan mantan Kepala BPSDM Provinsi Kepri periode 2020-2024.

Pasangan Lis-Raja Ariza akan didukung oleh Partai PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, Hanura, PPP, Perindo, dan Gelora.

Di wilayah perbatasan, kontestasi pilkada juga sangat intensif. Pilbup Natuna 2024 akan diisi dua bakal calon, yakni Wan Siswandi-Rodhial Huda, yang akan melawan Cen Sui Lan-Jarmin.

Wan dan Huda merupakan petahana Bupati dan Wakil Bupati Natuna. Mereka diusung koalisi besar yang terdiri dari PDIP, NasDem, PKS, Hanura, Demokrat, PPP, dan Perindo.

Sedangkan Cen Sui Lan merupakan Anggota DPR RI 2019-2024, dan Jarmin berasal dari DPRD Natuna. Pasangan ini diusung oleh Gerindra, Golkar dan PAN.

Di Pilbup Anambas 2024, malah lebih seru lagi. Ada empat bakal calon yang berpartisipasi dalam kontes empat tahunan ini, yakni Aneng-Raja Bayu Gunadian yang didukung Demokrat, Golkar, NasDem dan Perindo.

Lalu Wan Zuhendra-Amat Yani yang didukung PDIP, PBB, PKB dan PKS. Selanjutnya Rusli Efendi-Juhari yang didukung PPP dan Gerindra. Dan terakhir ada pasangan Neko Wesha Pawelloy-Taufik yang didukung PAN, Hanura dan Gelora.

Ada fakta menarik di Pilbup Anambas, yakni Neko Wesha merupakan anak dari Alias Wello yang maju di Pilbup Lingga. Ia sebelumnya merupakan Wakil Bupati Lingga periode 2021-2023. Kemungkinan lawan terberatnya yakni pasangan Wan-Amat Yani. Wan merupakan Wakil Bupati Anambas periode 2021-2025.(K65)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper