Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XL Axiata Tambah Jaringan untuk PON XXI di Sumut dan Aceh

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memperkuat jaringan 4G di sejumlah lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara (Sumut).
Pekerja mengoptimalisasi jaringan 4G/dok. XL Axiata
Pekerja mengoptimalisasi jaringan 4G/dok. XL Axiata

Bisnis.com, MEDAN -- PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memperkuat jaringan 4G di sejumlah lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara (Sumut).  Perusahaan menambah tiga mobile base transceiver station (MBTS) untuk memperkuat jaringan. 

Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi menjelaskan perusahaan telah melakukan persiapan khusus untuk mendukung kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi di lokasi acara. "XL Axiata berkomitmen untuk mendukung kesuksesan PON XXI, yang merupakan ajang olahraga terbesar di Indonesia," ujar Desy dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (31/8/2024).

Tiga daerah di Sumut yang menjadi lokasi pemasangan MBTS tambahan meliputi Sumut Sport Center di Deli Serdang, kawasan Balige di Toba, dan kawasan Pantai Cermin di Serdang Bedagai. Ketiga lokasi ini diperkirakan akan menjadi pusat keramaian selama berlangsungnya PON XXI Sumut.

Selain di Sumut, XL Axiata juga menambah satu MBTS di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, yang akan menjadi lokasi pembukaan PON XXI pada 9 September 2024. Desy menambahkan, perusahaan telah melakukan berbagai persiapan, termasuk pengecekan kondisi jaringan di semua lokasi PON XXI baik di Aceh maupun Sumut, serta melakukan upgrade kapasitas jaringan sesuai dengan prediksi lonjakan trafik.

PON XXI Aceh-Sumut akan berlangsung pada 8-20 September 2024, dengan pembukaan di Aceh dan penutupan di Sumut. Desy memperkirakan daerah dengan trafik tertinggi di Aceh berada di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Bireuen, sementara di Sumut, trafik tertinggi diprediksi terjadi di Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan.

Di Sumut, terdapat 10 kabupaten/kota yang akan menjadi lokasi perhelatan PON XXI, dan XL Axiata telah mempersiapkan jaringan di semua lokasi tersebut. Desy juga menyatakan bahwa XL Axiata terus melakukan pembangunan jaringan di berbagai daerah di Sumut dan Aceh, termasuk di Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Toba Samosir, dan Kabupaten Langkat di Sumut, serta di Kabupaten Aceh Tamiang dan Kabupaten Aceh Utara di Aceh.

Saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah mencakup 340 kecamatan di Sumatera Utara dan 206 kecamatan di Aceh, didukung oleh lebih dari 9.500 menara BTS di Sumut dan 2.500 BTS di Aceh, mayoritas di antaranya adalah BTS 4G. Untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat antara Aceh dan Sumut selama PON XXI, XL Axiata juga mengoptimalkan kapasitas jaringan di wilayah tersebut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Delfi Rismayeti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper