Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Gandeng Semen Padang Percepat Pembangunan Rumah Layak Huni di 3 Provinsi

Di Sumbar, bantuan tersebut disalurkan di Kota Padang. Ada 114 zak semen yang diberikan untuk 57 unit rumah di Kota Padang.
Ilustrasi. Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan perumahan di Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (4/4/2023). /Bisnis-Abdurachman
Ilustrasi. Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan perumahan di Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (4/4/2023). /Bisnis-Abdurachman

Bisnis.com, PADANG - Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera III Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggandeng PT Semen Padang dalam percepatan pembangunan perumahan.

Dirut PT Semen Padang Indrieffouny Indra mengatakan kerja sama Semen Padang dengan BP2P Sumatera III kali ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya juga telah dilakukan Juni 2023 lalu. Dimana kerja sama itu tentang percepatan pemenuhan Rumah Layak Huni (RLH).

"Jadi kerja sama ini merupakan upaya bersama dalam penanganan kemiskinan ekstrem melalui bantuan bahan material pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di untuk tiga provinsi yakni Sumbar, Riau, dan Kepulauan Riau," katanya, Kamis (27/6/2024).

Dia menjelaskan selama kerja sama dengan BP2P Sumatera III di tahun 2023 lalu itu, PT Semen Padang telah menyalurkan bantuan semen untuk percepatan pembangunan perumahaan melalui pemberian program BSPS. 

Sedangkan untuk di Sumbar, bantuan tersebut disalurkan di Kota Padang. Ada 114 zak semen yang diberikan untuk 57 unit rumah di Kota Padang. 

Kemudian di Kepri, disalurkan di Kota Batam dengan jumlah 100 zak semen untuk 50 unit rumah. Sedangkan di Riau, bantuan tersebut disalurkan di Pekanbaru dengan jumlah semen sebanyak 100 zak untuk 50 unit rumah. 

Lalu di Pekanbaru, PT Semen Padang juga menyalurkan bantuan semen di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Bantuan tersebut, juga sebagai upaya untuk percepatan pemenuhan rumah layak huni dalam rangka penanganan kemiskinan ekstrem.

Indrieffouny menjelaskan dalam kerja sama dengan BP2P Sumatera III, Semen Padang merupakan perusahaan semen pertama di Asia Tenggara yang merupakan bagian dari SIG. 

Dalam penerapan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PT Semen Padang mengacu kepada Peraturan Menteri BUMN Nomor Per-1/MBU/03/2023 tentang Penugasan Khusus dan Program TJSL BUMN. Di mana dinyatakan bahwa pelaksanaan TJSL BUMN dilaksanakan berdasarkan empat pilar utama, yaitu sosial, lingkungan, ekonomi, hukum dan tata Kelola.

"Untuk kerja sama dengan BP2P Sumatera III, ini sesuai dengan pilar sosial, yaitu memberikan bantuan produk untuk tercapainya percepatan pembangunan perumahan di BP2P Sumatera III dengan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat," jelasnya. 

Untuk itu, Semen Padang menyampaikan terima kasih kepada BP2P Sumatera III yang telah melibatkan PT Semen Padang untuk berkolaborasi dalam percepatan pembangunan perumahan di wilayah BP2P Sumatera III.

Terkait PKS dengan BP2P Sumatera III untuk yang kedua kali ini, Indrieffouny mengatakan ada 2 poin yang disepakati dalam PKS tersebut. 

Pertama, Semen Padang memberikan bantuan produk berupa material semen dengan harga khusus dalam pelaksanaan percepatan bantuan pembangunan perumahan di wilayah BP2P Sumatera III melalui program TJSL perusahaan.

Kemudian yang kedua, Semen Padang bersama BP2P Sumatera III bersinergi dalam melaksanakan kerja sama pembangunan perumahan di wilayah BP2P Sumatera III menggunakan produk Semen Padang beserta produk turunannya seperti Sepablock dan lain sebagainya.  

"PKS ini berlaku selama 1 tahun sejak kami tandatangani bersama," tegasnya.

Sementara itu, Kepala BP2P Sumatera III Aldino Herupriawan mengatakan kontribusi Semen Padang dalam percepatan pemenuhan RLH dalam penanganan kemiskinan ekstrem melalui pemberian bahan material pada program BSPS di tahun 2023, patut diapresiasi. 

"Karena memang kontribusi PT Semen Padang dalam percepatan pemenuhan RLH itu, sangat dirasakan oleh penerima manfaat," ucapnya.

Dia merinci ada 314 zak semen yang dibantu oleh Semen Padang untuk percepatan pemenuhan 157 RLH di tahun 2023. Selain sangat bermanfaat bagi penerima program BSPS, bantuan semen dari Semen Padang ini tentu saja sangat membantu kami dalam percepatan pemenuhan RLH. 

"Alhamdulillah kami dari BP2P Sumatera III dan PT Semen Padang kembali berkomitmen untuk program di tahun 2024 ini," sebutnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan M Hidayat menambahkan bahwa adanya peran Semen Padang dalam pembangunan RLH itu, masyarakat yang menghuni turut merasakan kenyamanan dan manfaatnya.

Dia berharap ke depannya, kerja sama tersebut terus berlanjut tidak hanya untuk program BPSP, tapi juga untuk program lain yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian PUPR.

Ada beberapa program yang bisa dikolaborasikan bersama Semen Padang. Di antaranya, rehab rekon rumah korban bencana, dan sejauh ini pihaknya juga berkolaborasi dengan berbagai LSM, Baznas dan lain sebagainya. 

"Kami berharap kedepannya PT Semen Padang juga ikut berkolaborasi dalam rehab rumah korban bencana," tutupnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper