Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Karya Kreatif Sumatra Utara Digelar 3 Juli, BI: Wujud Dorong Pertumbuhan Ekonomi

KPw BI Sumut terus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang salah satunya diwujudkan melalui gelaran Karya Kreatif Sumatra Utara (KKSU).
Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Yura A Djalins menyampaikan rangkaian agenda Karya Kreatif Sumatra Utara 2024 di Medan, Kamis (20/6/2024).
Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Yura A Djalins menyampaikan rangkaian agenda Karya Kreatif Sumatra Utara 2024 di Medan, Kamis (20/6/2024).

Bisnis.com, MEDAN - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara (KPw BI Sumut) terus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang salah satunya diwujudkan melalui gelaran Karya Kreatif Sumatra Utara (KKSU).

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Yura A Djalins mengatakan, KKSU yang merupakan event tahunan Bank Indonesia di Sumut, tahun ini akan dirangkaikan dengan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata Indonesia (GBWI). Hampir 460 UMKM di Sumut terlibat, baik offline, maupun online melalui laman resmi Karya Kreatif Sumut. 

"GBBI dan GBWI merupakan gerakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui belanja produk UMKM dan berwisata di dalam negeri, di mana tahun ini Bank Indonesia ditunjuk menjadi campaign managernya," kata Yura, dikutip Jumat (21/6/2024).

Rangkaian agenda KKSU sendiri telah digelar sejak tiga bulan sebelumnya.

Road to KKSU disebut Yura telah diselenggarakan pihaknya lewat beragam event, mulai dari pameran kolaborasi dengan kementerian/ lembaga, pemerintah daerah, perbankan, hingga top brands di Indonesia.

Road to KKSU tidak hanya melibatkan ratusan pelaku UMKM dalam pameran, tapi juga serangkaian pelatihan hingga business matching pembiayaan bersama perbankan untuk meningkatkan skill dan kapasitas UMKM dari sisi pembiayaan.

Tidak tanggung-tanggung, KPw Bank Indonesia Sumut menargetkan rangkaian KKSU yang ditutup dengan pameran UMKM unggulan pada tanggal 3-7 Juli 2024 di Istana Maimun dan Delipark itu dapat meningkatkan transaksi penjualan UMKM hingga Rp50 miliar per daerah.

Kepala Divisi Implementasi KEKDA KPw BI Sumut Indra Kuspriyadi menyampaikan, Bank Indonesia terus mendukung pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia dalam rangka mendorong semangat bangga akan produk dan wisata lokal. 

Di samping peningkatan transaksi, Indra mengatakan KPw BI Sumut berharap KKSU dapat pula mencapai target Gernas BBI-BBWI, diantaranya yakni peningkatan jumlah UMKM onboarding yang ditargetkan mencapai 30 juta UMKM pada tahun 2024.

Selain itu, KKSU juga diharapkan dapat mendongkrak aksi afirmasi belanja dengan target 95% belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN); serta bangga berwisata di Indonesia dengan target 1,25-1,5 miliar perjalanan untuk wisatawan Nusantara dan 14,3 juta perjalanan untuk wisatawan mancanegara sepanjang 2024. 

Karya Kreatif Sumatra Utara 2024 bertema 'Rap Pamajuhon Sumatera Utara' yang berarti bersama-sama memajukan Sumatera Utara melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata, dan penguatan investasi.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru di Sumatra Utara," kata Indra.

Adapun puncak Karya Kreatif Sumatra Utara akan digelar mulai tanggal 3-7 Juli 2024 dengan pameran UMKM unggulan Sumut, pameran investasi, business matching, fashion show wastra kebanggaan Sumut, hingga beragam perlombaan.

Istana Maimun dan Mal Delipark didaulat menjadi lokasi beragam event KKSU yang pada tahun 2024 ini diselaraskan pula dengan peringatan HUT Kota Medan. (K68)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper