Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Barongsai HBT Padang Sang Juara World Barongsai Championships 2024

Capaian yang raih oleh tim Barongsai HBT juga menjadi modal dalam mempersiapkan diri maju pada PON 2024 yang akan berlangsung kurang lebih 4 bulan lagi.
Kemenangan tim Barongsai HBT pada World Barongsai Championships 2024 yang dilangsungkan di Jakarta yang berlangsung pada 17-19 Mei 2024 di Jakarta. /HBT Padang
Kemenangan tim Barongsai HBT pada World Barongsai Championships 2024 yang dilangsungkan di Jakarta yang berlangsung pada 17-19 Mei 2024 di Jakarta. /HBT Padang

Bisnis.com, PADANG - Bulan Mei 2024 menjadi titik sejarah baru bagi Barongsai HBT (Himpunan Bersatu Teguh) Padang, Sumatra Barat, karena berhasil menjadi pemenang dalam World Barongsai Championships 2024 yang dilangsungkan di Jakarta.

Ketua Umum Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Sumbar Martin Makmur mengatakan tidak menyangka bisa meraih juara I pada World Barongsai Championships 2024 tersebut, karena tim Barongsai yang ikut dalam kejuaraan tersebut merupakan daftar tim pemenang tingkat Asia.

"Tim Barongsai HBT menang dengan poin 9,30 sedangkan posisi kedua poinnya 9,26 dan ketiga dengan poin 9,25. Kemenangan kami selisih 4 poin dan capaian ini sungguh luar biasa," katanya, Rabu (22/5/2024).

Martin menyampaikan dalam World Barongsai Championships 2024 itu terdapat 10 negara yang ikut tampil dalam kejuaraan tersebut. Negara yang jadi peserta itu Singapura, Hong Kong, Malaysia, Jepang, Australia, Myanmar, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

"Untuk Indonesia ada 4 tim, selain ada dari Barongsai HBT, juga ada dari Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Jakarta. Tim Indonesia saja kami melihat penampilan sangat bagus, apalagi tim dari negara lainnya. Hasilnya, kami jadi juara," ujarnya.

Dia menceritakan dalam kejuaraan tersebut tim Barongsai HBT sempat dihadapkan dengan kecelakaan tim saat menjalani sesi latihan H-1 kejuaraan dimulai. Mujur, tim yang berperan sebagai kepala barongsai tidak mengalami kondisi yang buruk.

"Jatuh dari lompatannya, beruntung kondisi tidak mengalami hal yang buruk. Bagi saya, tidak apa-apa jatuh saat sesi latihan, daripada jatuh saat pertandingan berlangsung," sebut Martin yang juga Sekretaris HBT Padang itu.

Menurutnya capaian yang raih oleh tim Barongsai HBT juga menjadi modal dalam mempersiapkan diri maju pada PON 2024 yang akan berlangsung kurang lebih 4 bulan lagi.

"Dari hasil kejuaraan dunia itu, kami merasa punya modal yang bagus untuk PON 2024 nanti. Target kami tim Barongsai HBT meraih juara, jika tidak bisa emas, setidaknya bisa membawa perak," sebutnya.

Martin juga menceritakan tim Barongsai HBT bukanlah tim yang baru dibentuk, tapi merupakan tim yang sudah lama ada bagi sejarah Tionghoa di Padang, dan juga pernah meraih prestasi yang bagus pada tingkat Internasional.

Dimana pada kejuaraan tingkat dunia di Genting Malaysia pada tahun 2000 lalu, tim Barongsai HBT meraih peringkat 5. Hal tersebut dianggap menjadi capaian yang bagus pada barongsai di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper