Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, Arus Lalin di Tol Pekanbaru - Dumai Naik 24,47%

Arus lalin di tol Pekanbaru-Dumai naik sebesar 24,47 persen jelang lebaran 2024
Jelang Lebaran, Arus Lalin di Tol Pekanbaru - Dumai Naik 24,47%. /Hutama Karya
Jelang Lebaran, Arus Lalin di Tol Pekanbaru - Dumai Naik 24,47%. /Hutama Karya

Bisnis.com, PEKANBARU-- PT Hutama Karya (Persero) menyatakan selama arus mudik Lebaran 1445 Hijriah 6-8 April 2024, volume lalu lintas yang melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus mengalami peningkatan. 

EVP Sekretaris Perusahaan HK, Adjib Al Hakim mengatakan selama 3 hari menjelang hari Raya Idulfitri, 313.800 kendaraan sudah melintas di JTTS.

“Selama arus mudik 6 sampai 8 April, volume kendaraan setiap harinya meningkat di JTTS. Peningkatannya cukup signifikan yakni mencapai 47%, bila dibandingkan dengan volume kendaran di hari normal,” ujarnya Senin (8/4/2024).

Dia menyebutkan untuk jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) juga meningkat signifikan, yakni meningkat 24,47 persen atau 60.981 kendaraan yang melintas di jalan Tol Pekanbaru-Dumai, selama periode 6 hingga 8 April. 

Kemudian di Tol Pekanbaru-Bangkinang, mencapai 22.500 kendaraan atau meningkat 28% dari volume lalu lintas di hari normal. Sedangkan untuk tol Bangkinang-XIII Koto Kampar yang sudah difungsionalkan selama mudik Lebaran, periode 5 sampai 8 April mencapai 7.090 kendaraan yang melintas.

Salah seorang warga Pekanbaru, Dedi, yang akan mudik ke Sumatera Barat, mengaku terbantu dengan jarak tempuh yang singkat saat melewati jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dan dilanjutkan ke XIII Koto Kampar. Selama ini waktu yang ditempuh dari Pekanbaru ke XIII Koto Kampar bisa memakan waktu hingga 2 Jam.

“Alhamdulillah terasa sekali ada perbedaan waktu menuju XIII Koto Kampar. Di Tol ini kita keluar di Tanjung Alai, dan beberapa kilometer lagi masuk perbatasan antara Riau dan Sumbar. Biasanya bisa mencapai waktu 2 jam lebih, sekarang hanya 1 jam. Tinggal lanjut ke Pangkalan Sumbar lagi sekitar 1,5 jam sudah, sampai,” kata Dedi.

Sementara itu, untuk kendaran yang melintasi di JTTS lainnya, yakni Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung (Terpeka), mencapai 75,349 Kendaraan atau meningkat 88.4%. Selanjutnya kendaraan yang melintasi Tol Palembang-Prabumulih (Palindra dan Inprabu) 58.397 kendaraan, atau meningkat 57%.

Begitu juga di Tol Bengkulu-Taba Penanjung (Bengtaba), 4.667 kendaraan atau meningkat 4%. Kendaraan yang melintasi Tol Indrapura - Kisaran (Inkis) 37.584 kendaraan atau lebih tinggi 52.09%.

Untuk Tol Binjai-Tanjung Pura (Binsa) : 42.215 kendaraan atau meningkat 43% dan kendaraan yang melintasi Tol Sigli-Banda Aceh (Seulimeum - Baitussalam) (Sibanceh) 19.101 kendaraan, atau meningkat 24%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler