Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir Lahar Dingin Terjang 3 Daerah di Sumbar

Banjir lahar dingin melanda tiga kabupaten dan kota di Provinsi Sumatra Barat akibat dari tingginya intensitas hujan yang turun pada Jumat (5/4).
Kondisi banjir lahar dingin di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Jumat (5/4/2024). /dok warga
Kondisi banjir lahar dingin di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Jumat (5/4/2024). /dok warga

Bisnis.com, PADANG - Banjir lahar dingin melanda tiga kabupaten dan kota di Provinsi Sumatra Barat akibat dari tingginya intensitas hujan yang turun pada Jumat (5/4) sore ini.

Peristiwa itu dibenarkan oleh Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar Ilham Wahab. Dia menyebutkan baru saja mendapatkan informasi terkait bencana banjir lahar dingin di tiga daerah, yakni Kabupaten Agam, Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang.

"Sampai saat ini informasi yang saya dapatkan ada tiga daerah yang terkena banjir lahar dingin. Data-data yang lainnya belum saya dapatkan, karena kondisi bencana masih berlangsung," katanya, Jumat (5/4/2024).

Banjir lahar tersebut diketahui terjadi jelang memasuki waktu salat ashar, dimana air yang mengalir mengandung abu dan pasir vulkanik mengalir deras hingga ke jalan, pemukiman rumah, hingga ke kawasan pertanian.

Menurut Ilham kondisi potensi banjir lahar dingin tersebut memang sudah diprediksi sejak awal oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), seiring aktifnya Gunung Marapi terjadi erupsi.

"Jadi sebelumnya telah ada imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat terkait potensi lahar dingin ini," ujarnya.

Dia menyampaikan dari simulasi yang dilakukan PVMBG, banjir lahar dingin akan terjadi bila kondisi abu di puncak Gunung Marapi melebihi dari 10.000 kubik, bila kurang dari 10.000 kubik abu vulkanik, banjir lahar dingin tidak sampai ke pemukiman hingga kawasan pertanian.

"Kondisi sekarang itu telah menunjukan kalau abu vulkanik di puncak Gunung Marapi sudah lebih dari 10.000 kubik, sehingga banjir laharnya sampai ke jalan, ke pemukiman warga, hingga ke kawasan pertanian," sebutnya.

Ilham menghimbau kepada pengendara yang melintasi jalan Padang - Bukittinggi untuk berhati-hati, karena ada kemungkinan kondisi yang demikian tidak bisa dilalui pengendara untuk sementara waktu.

Begitupun untuk masyarakat yang berada di lokasi terdampak banjir lahar dingin, untuk tidak nekat berada di aliran banjir lahar dingin tersebut. "Utamakan keselamatan, jangan coba-coba berdiri di tempat aliran banjir itu, karena arus sangat kuat, dan dapat mengancam keselamatan," imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper