Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo Multi Terminal Berangkatkan 200 Pemudik ke Pekanbaru dan Aceh

Pelindo Multi Terminal (SPMT) memberangkatkan 200 pemudik dari Medan menuju Riau dan Aceh dengan menggunakan 5 bus pada hari ini, Kamis (4/4/2024).
Direktur SDM Pelindo Multi Terminal (SPMT) Edi Priyanto dan Executive Director pada Regional I Pelindo Ichwal Fauzi Harahap melepas bus yang akan memberangkatkan 200 pemudik dari Medan menuju Pekanbaru dan Banda Aceh, di Medan, Kamis (4/4/2024).
Direktur SDM Pelindo Multi Terminal (SPMT) Edi Priyanto dan Executive Director pada Regional I Pelindo Ichwal Fauzi Harahap melepas bus yang akan memberangkatkan 200 pemudik dari Medan menuju Pekanbaru dan Banda Aceh, di Medan, Kamis (4/4/2024).

Bisnis.com, MEDAN - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) memberangkatkan 200 pemudik dari Medan menuju Riau dan Aceh dengan menggunakan 5 bus pada hari ini, Kamis (4/4/2024).

Program ini merupakan rangkaian Mudik Asyik bersama BUMN 2024 yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Direktur Sumber Daya Manusia SPMT Edi Priyanto mengatakan mudik gratis ini merupakan bagian program tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan dengan memfasilitasi kegiatan mudik masyarakat pada momen Lebaran.

Program mudik ini, lanjut Edi, juga untuk menekan angka kecelakaan yang cenderung tinggi saat Idulfitri.

"Mudik Asyik bersama BUMN ini untuk membantu masyarakat secara ekonomi karena ini gratis. Selain itu, dengan menggunakan kendaraan umum seperti ini maka risiko kecelakaan bisa di tekan dan arus kepadatan juga bisa dikurangi," kata Edi usai seremoni pelepasan pemudik di Medan, Kamis (4/4/2024).

Di Medan, Pelindo Multi Terminal yang didaulat menjadi penyelenggara Program Mudik Asyik bersama BUMN Pelindo tahun ini.

Dikatakan Edi, tahun ini SPMT menyediakan 5 bus untuk mengangkut sekitar 200 pemudik menuju Pekanbaru (Riau) dan Banda Aceh (Aceh). Dua provinsi ini dipilih kembali lantaran tingginya minat mudik masyarakat ke kawasan tersebut.

"Sesuai hasil evaluasi [mudik] tahun lalu, terbanyak tujuannya ke Pekanbaru, lalu Aceh. Namun tetap yang terbanyak itu tujuan Pekanbaru. Tahun ini kami sesuaikan di mana kuota ke Pekanbaru kami lebihkan karena mungkin orang Pekanbaru lebih banyak merantau kemari," terang Edi.

Pendaftaran Mudik Asyik bersama BUMN Pelindo ini telah dibuka secara daring pada 31 Maret 2024 lalu.

Para pemudik ini tidak hanya dapat pulang kampung secara gratis, namun juga difasilitasi dengan sejumlah kebutuhan selama di perjalanan seperti logistik (makanan).

"Kami pun bekerja sama dengan Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan untuk melakukan tes urin kepada driver bus yang membawa pemudik. Ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik agar selamat sampai tujuan," tuturnya.

Tidak hanya mudik, nantinya SPMT juga memfasilitasi pemudik yang ingin kembali ke Medan. Dijadwalkan, arus balik bersama SPMT dari Banda Aceh dan Pekan Baru pada tanggal 16 April 2024.

Executive Director pada Regional I Pelindo Ichwal Fauzi Harahap mengatakan, Pelindo juga mempersiapkan terminal penumpang untuk menyambut mudik lebaran tahun ini, khususnya di Pelabuhan Belawan.

"Di Belawan, kami siapkan juga kamar untuk menginap bagi pemudik yang datang sebelum jadwalnya, khususnya untuk para lansia, serta para ibu yang membawa anak mereka mudik. Jadi mereka bisa menunggu dengan aman dan nyaman di lingkungan Pelabuhan Belawan sampai waktu keberangkatan kapal tiba. Harapan kami, masyarakat bisa melaksanakan mudik dengan gembir untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman," ujar Ichwal.

Adapun rute Mudik Asyik bersama BUMN Pelindo yang dimotori SPMT dari Medan menuju Pekanbaru melewati Rantau Prapat, Bagan Batu, Duri, Kandis, hingga berhenti di Payung Sekaki Pekanbaru. Sebanyak 3 bus disediakan SPMT untuk membawa para pemudik ke tujuan masing-masing.

Sementara rute menuju Aceh, melewati Langsa, Lhokseumawe, dan berakhir di Banda Aceh dengan dua unit bus pemudik.

"Kami harap pemudik diberi kesehatan dan kelancaran sampai Selamat di kota tujuan dan bisa bertemu bersilaturahmi dengan keluarga," Kata Edi Priyanto. (K68)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper