Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Mudik di Kepri, 211 Armada Kapal akan Layani Pemudik

Menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H, sebanyak 211 armada kapal akan melayani arus mudik di seluruh Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).
Pelabuhan penyeberangan di Kepri./Ist
Pelabuhan penyeberangan di Kepri./Ist

Bisnis.com, BATAM — Menjelang Lebaran Idulfitri 1445 H, sebanyak 211 armada kapal akan melayani arus mudik di seluruh Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Batam, Junaidi mengatakan seluruh armada tersebut tersebar di pelabuhan kapal roro di Batam, Tanjungpinang, Kijang (Bintan) serta Karimun.

"Untuk pelabuhan roro di Punggur Batam, jumlah armada yang disiapkan oleh pihak PT ASDP Indonesia Ferry sebanyak 14 kapal roro. Sedangkan untuk di pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, armadanya sebanyak 51 kapal. Kapal akan melayani tujuan Batam, Lingga, Tanjung Batu, Natuna, sampai Selat Panjang," katanya baru-baru ini.

Ia juga menjelaskan bahwa jumlah armada kapal di dua pelabuhan domestik Batam, yakni Punggur dan Sekupang sebanyak 98 kapal, dengan rute menuju Tanjungpinang, Lingga, Karimun dan juga wilayah lainnya di Riau.

Kapal Pelni yakni KM Dorolonda juga akan ikut mengangkut pemudik dari Batam menuju Kijang, Medan. Selain itu ada juga Kapal Latih Malahayati tujuan Kijang, Matak, dan Natuna.

"Untuk cuaca berdasarkan prediksi BMKG, gelombangnya normal dengan tinggi 1-1,5 meter di perairan sekitar Lingga dan Natuna. Jadi cukup aman untuk melintas," paparnya.

Kepala KSOP Tanjungpinang, Ridwan CH mengatakan pihaknya terus melakukan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan arus pemudik. Salah satunya dengan membentuk Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024

"Posko terpadu ini bertujuan menjamin keamanan dan keselamatan penumpang, dan akan berlangsung hingga 26 April 2024," pungkasnya.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper