Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelni Batam Tambah Kapal Antisipasi Puncak Arus Mudik 5-7 April 2024

Menjelang arus mudik 2024, Pelni Batam menambah satu lagi kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, yakni KM Dorolonda.
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni
KM Kelud milik Pelni nampak dari atas ketika sandar di Lombok. / Dok. PT Pelni

Bisnis.com, BATAM - Menjelang arus mudik 2024, Pelni Batam menambah satu lagi kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, yakni KM Dorolonda. Pelni memprediksi bahwa arus puncak mudik nanti terjadi pada 5-7 April 2024, sehingga KM Dorolonda nanti akan berangkat dua kali menjelang Lebaran dengan tujuan Belawan, Kijang (Bintan) dan Tanjung Priok. 

Kepala Cabang Pelni Batam, T Muhammad Ikbal mengatakan selama arus mudik, KM Kelud dan KM Dorolonda akan melayani pelayaran dari Batam menuju Belawan dan Tanjung Priok. "KM Dorolonda nanti akan berlayar 6 April pukul 09.00 WIB dari Batam ke Belawan, lalu 8 April 2024 pukul 13.00 WIB dari Batam ke Kijang dan Tanjung Priok," katanya di Batam, Selasa (26/3/2024).

Sejatinya KM Dorolonda memang selalu menjadi tandem KM Kelud tiap tahun saat arus mudik. Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, KM Dorolonda yang berkapasitas 2.155 seat menambah seatnya sebanyak 986 seat, sehingga menjadi 3.141 seat.

"Sedangkan KM Kelud yang kapasitasnya 2.607 seat akan ada penambahan sebanyak 1.134 seat, sehingga menjadi 3.741 seat. Ini penting karena puncak arus mudik akan terjadi pada 5-7 April 2024 nanti," paparnya.

Adapun pada KM Kelud, bulan April jadi momen tersibuk. Sebelum Lebaran, kapal tersebut akan berangkat sebanyak 3 kali, yakni 3, 5 dan 7 April 2024 dengan rute tujuan Batam-Belawan.

Animo masyarakat menggunakan jasa Pelni memang sangat tinggi. Terbukti saat pendaftaran mudik gratis tanggal 21 dan 25 Maret 2024 kemarin. Pada tanggal 21 Maret 2024, pendaftaran mudik gratis dilakukan secara offline. Akibatnya antrean mengular sejak pagi di Kantor Cabang Pelni Sekupang di Batam.

Para calon penumpang tersebut berdesak-desakan berebut tiket mudik gratis sebanyak 772 pax, dengan tujuan Batam-Belawan. Karena antrean semakin tidak tertib dan potensi kericuhan terus membesar, terpaksa Pelni Batam menghentikannya sementara waktu.

Setelah itu pendaftaran mudik gratis dilanjutkan pada 25 Maret 2024, dimana Pelni membuka pendaftaran secara online. Kericuhan pun bisa dicegah, sehingga seluruh tiket mudik pun terbagi habis ke para calon penumpang.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper