Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Sumut Siapkan Rp7,2 Triliun Hadapi Ramadan dan Idulfitri 1445 H

Kpw BI Sumut siapkan kurang lebih Rp7,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang kartal selama Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah.
Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut Suharman Tabrani (kiri) menyampaikan kesiapan BI Hadapi Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah, Medan, Rabu (20/3/2024).
Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut Suharman Tabrani (kiri) menyampaikan kesiapan BI Hadapi Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah, Medan, Rabu (20/3/2024).

Bisnis.com, MEDAN - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara (Kpw BI Sumut) siapkan kurang lebih Rp7,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang kartal selama Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara Suharman Tabrani mengatakan persiapan dilakukan lantaran secara historis kebutuhan masyarakat akan uang kartal meningkat saat Ramadan dan Idulfitri.

Sebagaimana analisa Kpw BI Sumut, estimasi uang kartal yang dibutuhkan perbankan untuk melayani masyarakat periode Ramadan dan Idulfitri 2024 ialah Rp4,4 triliun. 

"Menurut perkiraan kami, kebutuhan uang rupiah untuk Ramadan dan Idulfitri tahun ini (periode Maret-April) sekitar Rp4,4 triliun. Namun, kami tahun ini menyiapkan kurang lebih Rp7,2 triliun melalui perbankan khusus untuk wilayah kerja BI Sumut," kata Suharman di Medan, Rabu (20/3/2024).

Dikatakan Suharman, ada peningkatan estimasi kebutuhan akan uang tunai saat Ramadan dan Idulfitri 2024 yang didasarkan pada aktivitas masyarakat melalui perbankan.

Dari catatan KPw BI Sumut, tahun 2023 lalu nominal uang kartal yang disiapkan sebesar Rp4,2 triliun. Namun, nominal tahun 2024 tercatat lebih rendah dari tahun 2022 di mana KPw BI Sumut menyiapkan Rp4,7 triliun.

"Memang ada peningkatan [estimasi] kebutuhan sebesar 5,81% dibanding tahun 2023. Mudah-mudahan ini menunjukkan gairah dari sisi demand, mudah-mudahan juga menunjukkan dari sisi daya beli dan keinginan untuk mengonsumsi (berbelanja) sehingga dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dapat dirasakan," ujar Suharman.

Ia mengatakan, per 18 Maret 2024, jumlah uang yang disalurkan KPw BI Sumut melalui perbankan sebesar Rp1,2 triliun.

Jadwal layanan penukaran uang akan ini akan dimulai pada 25 Maret-5 April 2024 di Plaza Medan Fair mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Selain itu, layanan juga akan hadir di beberapa tempat seperti Pusat Pasar Medan pada 27 Maret, dan di Pasar Sukaramai pada 28 Maret, masing-masing mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

"Kami juga menyediakan kas keliling untuk melayani kebutuhan masyarakat khususnya yang melewati Tol Tebing Tinggi. Kami akan hadir di Rest Area Tol Tebing Tinggi mulai 2-4 April 2024," pungkasnya.

Adapun terkait batas maksimal nominal rupiah yang bisa ditukar masyarakat melalui layanan kas keliling adalah Rp4 juta per hari.

Masyarakat yang ingin menukar uang untuk kebutuhan Ramadan dan Idulfitri ini juga terlebih dahulu harus melakukan pemesanan pada laman www.pintar.bi.go.id. (K68)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Delfi Rismayeti
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler