Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Karena Banjir, Harga Beras di Pekanbaru Naik Menjadi Rp16.000 per Kg

Kondisi cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir di wilayah Riau dan sekitarnya telah memicu kenaikan harga beras di wilayah tersebut.
Ilustrasi beras
Ilustrasi beras

Bisnis.com, PEKANBARU — Kondisi cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir di wilayah Riau dan sekitarnya telah memicu kenaikan harga beras di wilayah tersebut.

Dari pantauan Bisnis di Pasar Selasa Tuah Karya Panam, Jl. HR. Soebrantas, diketahui harga kebutuhan pokok itu sudah naik menjadi Rp16.000 dari sebelumnya sekitar Rp15.000 per kg.

“Sudah naik dari sebulan ini, untuk sekarang lumayan sepi pembeli karna anak-anak kuliah kan lagi libur juga,” ujar Suryadi penjual beras di pasar itu, Senin (19/2/2024).

Dia merincikan saat ini menjual perkilo beras di harga Rp16.000, sedangkan untuk karung ukuran 20 kg dia menjual Rp310.000, yang tercatat sudah naik dari posisi sebelumnya di Rp300.000 per karung.

Suryadi juga menuturkan kalau kenaikan harga beras ini akan berbuntut panjang dan berkemungkinan akan terus melonjak naik, karena bulan suci Ramadan sudah hampir tiba.

Selain itu cuaca yang tidak menentu telah membuat pemasok beras lumayan sulit mengirim ke Kota Pekanbaru, terutama dari wilayah Sumatra Barat, dan Sumatra Utara.

Menurutnya bencana banjir pada Desember dan Januari lalu, telah membuat mobil angkutan bahan pangan, termasuk beras mengalami kesulitan di perjalanan.

Pembeli beras yang juga penjual nasi, mengeluhkan mahalnya harga bahan baku jualannya itu. "Sekarang naik semua harganya, beras sekarang mahal Rp16.000 sekilonya," ungkap Ita.

Dirinya berharap pemerintah bisa menstabilkan dengan cepat harga beras tersebut, sehingga menjadi terjangkau bagi masyarakat sepertinya.

Sebelumnya, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru menyatakan stok beras Bulog Riau Kepri bisa memenuhi kebutuhan saat ini terutama di kala terjadinya bencana banjir di beberapa wilayah. Stoknya juga tercatat bisa menyuplai untuk tiga bulan ke depan.

Kepala DKP Kota Pekanbaru Maisisco menyatakan pihaknya meninjau stok beras Bulog dalam rangka persiapan Penyaluran Beras Cadangan Pangan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Korban Banjir dan Program Penguatan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah periode 2024. Pihaknya juga ingin memastikan ketersediaan stok beras untuk Kota Pekanbaru sepanjang tahun ini.

"Dari pantauan kami, ketersediaan beras di Gudang Bulog sangat mencukupi, bahkan untuk cadangan pemerintah daerah pasca banjir sudah siap untuk didistribusikan," ungkapnya.

(Niki Aulia Sandi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler