Tumbuh 8,5%, Penyaluran Kredit Perbankan di Riau Capai Rp93,52 Triliun

OJK Riau mencatat sepanjang 2023 lalu kinerja penyaluran kredit atau pembiayaan perbankan mengalami pertumbuhan positif sebesar 8,5% secara tahunan.
Karyawan melayani nasabah di salah satu Kantor Cabang Bank BRI di Tangerang Selatan, Banten,belum lama ini. Bisnis/Nurul Hidayat
Karyawan melayani nasabah di salah satu Kantor Cabang Bank BRI di Tangerang Selatan, Banten,belum lama ini. Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, PEKANBARU -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau menyatakan sepanjang 2023 lalu kinerja penyaluran kredit atau pembiayaan perbankan mengalami pertumbuhan positif sebesar 8,5% secara tahunan.

Plt Kepala OJK Riau Endang Nuryadin menyebutkan industri perbankan di daerah itu berhasil menunjukkan kinerja positif, salah satunya dari sisi kinerja kredit.

"Untuk sepanjang 2023 nilai kredit perbankan yang telah disalurkan mencapai Rp93,52 triliun atau tumbuh 8,5% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang di angka Rp86,20 triliun," ungkapnya, Selasa (6/2/2024).

Kemudian dari sisi aset perbankan, kinerja positif juga tercatat yaitu tumbuh sebesar 1,28% dari posisi Rp210,49 triliun di akhir 2022 menjadi Rp213,17 triliun pada akhir tahun lalu.

Untuk kinerja penghimpunan dana pihak ketiga (DPK), industri perbankan di Riau juga mengalami pertumbuhan meski tipis yaitu sebesar 2,88% dari posisi Rp116,14 triliun di akhir 2022 menjadi Rp119,49 triliun di akhir 2023.

Selanjutnya dari sisi sektoral, penyaluran kredit perbankan di Riau sepanjang 2023 lalu didominasi 3 sektor utama yakni rumah tangga senilai Rp34,18 triliun, disusul pertanian dan perkebunan Rp25,36 triliun, serta perdagangan senilai Rp13,14 triliun.

"Kalau dari sisi penggunaannya, kredit yang terbesar masih ke pasar konsumtif yaitu senilai Rp35,30 triliun, disusul investasi Rp29,27 triliun dan modal kerja Rp28,96 triliun," ungkapnya.

Sementara itu salah satu bank pelat merah yaitu Bank BRI mencatat penyaluran kredit mencapai lebih dari Rp4 triliun sampai akhir November 2023. 

Regional CEO BRI Pekanbaru Kicky Andrie Davetra mengatakan pihaknya di November 2023 telah menyalurkan kredit lebih dari Rp4 triliun. Dia mengakui untuk Bank BRI hingga kini kontribusi penyaluran kredit terbanyak adalah di segmen UMKM. 

"Untuk regional Pekanbaru kami sudah salurkan kredit Rp4 triliun untuk Riau dan Kepri. Dengan pertumbuhan di atas 5 persen. Kalau untuk penghimpunan dana pihak ketiga kami telah berhasil mencapai Rp30 triliun,’’ jelasnya.

Pihaknya berharap Bank BRI terus menjadi kepercayaan masyarakat dan memiliki kontribusi besar serta value lebih yang juga akhirnya dikembalikan kepada masyarakat setempat.

Untuk mewujudkan hal itu, berbagai upaya telah dilakukan BRI untuk mendekatkan diri dengan generasi muda. Di antaranya dengan menghadirkan aplikasi BRImo, program-program menarik yang melibatkan generasi muda, diskon merchant, aplikasi sistem digital QRIS dan lainnya, yang memudahkan generasi muda dalam melakukan transaksi keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper