Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Kapal di Batam Mencapai 8,1 Juta Orang pada 2023

Sepanjang 2023, jumlah penumpang kapal di Batam meningkat 48% dibanding tahun 2022.
Aktivitas pelabuhan Batam./Ist
Aktivitas pelabuhan Batam./Ist

Bisnis.com, BATAM - Jumlah penumpang kapal di Batam meningkat 48% sepanjang 2023, mencapai 8,1 juta orang.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait mengatakan bahwa jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Batam, baik domestik maupun internasional sepanjang Tahun 2023 meningkat cukup pesat dibanding tahun lalu, yang sebesar 5,4 juta penumpang. 

"Dari total 8,1 juta penumpang datang dan berangkat, 55% di antaranya atau sekitar 4,4 juta penumpang merupakan penumpang yang melewati pelabuhan internasional di Batam, yakni Terminal Ferry Internasional Batam Centre, Terminal Ferry Internasional Sekupang, Terminal Ferry Internasional Nongsapura, Terminal Ferry Internasional Harbour Bay, dan Terminal Ferry Internasional Teluk Senimba," kata Tuty di Batam, Selasa (9/1/2023).

Ia menambahkan jumlah penumpang terbanyak berasal dari Terminal Ferry Internasional Batam Centre yakni sebesar 2,6 juta, selanjutnya diTerminal Ferry Internasional Harbour Bay sebesar 1,3 juta penumpang.

Sedangkan untuk Terminal Domestik, dari total penumpang 3,6 juta datang dan berangkat, 49% diantaranya berasal dari Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur dan 33% diantaranya berasal dari Terminal Ferry Domestik Sekupang. Ariastuty optimis jumlah penumpang kapal dapat kembali ke capaian di Tahun 2019 yang tembus hingga 11,4 juta orang.

“Jika dilihat dari jumlah kunjungan (penumpang datang) di terminal ferry internasional terdapat peningkatan sebesar 96% dari 1,1 juta penumpang di Tahun 2022 menjadi 2,2 juta di tahun 2023. Peningkatan kunjungan juga terjadi di terminal ferry domestik yakni sebesar 17% dari 1,5 juta orang menjadi 1,8 juta orang," paparnya.(K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper