Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekanbaru Menganggarkan Penanganan Banjir Rp5 Miliar

Ada 10 titik masalah banjir yang telah diidentifikasi dari 300 titik dalam master plan.
Ilustrasi pengerukan kanal./Ist
Ilustrasi pengerukan kanal./Ist

Bisnis.com, PEKANBARU — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru mengalokasikan anggaran sekitar Rp5 miliar dalam APBD 2024 untuk mengatasi masalah banjir yang telah diidentifikasi dalam master plan penanganan banjir.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Edward Riansyah, mengungkapkan fokus perencanaan pihaknya adalah pada 10 titik masalah banjir yang telah diidentifikasi dari 300 titik dalam master plan. Lokasi ini mencakup perbaikan di ruas jalan utama seperti Jalan HR Soebrantas, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Arifin Achmad, dan Rumbai.

"Langkah strategis ini diharapkan dapat mengurangi dampak banjir di Kota Pekanbaru," katanya Senin (27/11/2023).

Dia menyebutkan selain investasi dalam infrastruktur, pemerintah kota juga mengalokasikan dana untuk membeli mobil penyedot lumpur. Langkah ini diambil untuk membersihkan sedimen di saluran air, sebagai bagian dari strategi holistik penanganan banjir.

Ekskavator amfibi yang diharapkan tiba menjelang akhir 2023 juga menjadi bagian dari perubahan signifikan. Ekskavator ini dianggap sebagai aset kunci dalam normalisasi sungai dan mendukung pengerukan yang efektif untuk mengatasi risiko banjir.

Langkah ini diambil Pemkot Pekanbaru sebagai upaya penanganan banjir dengan dukungan peralatan atau aset kunci proses normalisasi sungai, sehingga diharapkan hasil yang diraih lebih maksimal.

"Pembelian mobil penyedot lumpur adalah langkah signifikan kami untuk meningkatkan kapasitas penanganan banjir. Kombinasi infrastruktur yang diperbaiki dan peralatan baru akan membawa perubahan positif bagi Kota Pekanbaru," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper