Pertamina SMEXPO RU Dumai Dorong Kemajuan UMKM dari Lokal ke Global

Setelah dilaksanakan di empat kota besar lainnya di Tanah Air, Pertamina SMEXPO kali ini digelar oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Dumai.
SMEXPO RU Dumai
SMEXPO RU Dumai

Bisnis.com, PEKANBARU -- Setelah dilaksanakan di empat kota besar lainnya di Tanah Air, Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) kali ini digelar oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Dumai. 

Selain dihadiri General Manager KPI Unit Dumai Didik Subagyo, event yang mendukung kemajuan UMKM ini juga dihadiri Asisten I Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Dumai Syahrinaldi, dan manajemen perusahaan serta perwakilan 10 Panti Asuhan di Dumai dan Sei. Pakning.

"SMEXPO merupakan inisiatif strategis Pertamina untuk membina dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) Indonesia, yang berperan sebagai penggerak ekonomi nasional," ungkapnya, Senin (27/11/2023).

Dia menyebutkan kegiatan ini memasuki tahun keempat, dan telah menampilkan 1.000 UMKM binaan Pertamina Group dengan ribuan produk unggulan melalui platform virtual di [smexpo.pertamina.com](https://smexpo.pertamina.com).

Menurutnya pada tahun ini, Pertamina SMEXPO telah hadir secara offline di Jakarta, Balikpapan, Semarang, dan Pekanbaru dengan tema kegiatam 'Melangkah dari Lokal ke Global'.

Tema ini dipilih untuk mempromosikan program inklusif bagi UMKM, memberikan peluang yang sama kepada seluruh kelompok masyarakat, termasuk perempuan dan sahabat disabilitas.

SMEXPO RU Dumai menurutnya menjadi bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun PT Kilang Pertamina Internasional yang ke-6, berlangsung selama 3 hari, mulai Senin, 27 November 2023, hingga Rabu, 29 November 2023. 

"Acara ini melibatkan 14 mitra UMKM yang dibina oleh PT KPI Unit Dumai dan Rumah BUMN Dumai. Selain pameran UMKM, juga diselenggarakan Workshop UMKM, serta berbagai perlombaan dan festival," ujarnya.

Selain menggandeng UMKM, pihaknya juga menyerahkan santunan kepada perwakilan panti asuhan yang hadir dengan nilai santunan mencapai Rp100 juta.

Sementara itu, Asisten I Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Dumai Syahrinaldi memberikan apresiasi atas kegiatan ini. Dia mrngakui dalam kemajuan ekonomi, perlu diberikan ruang bagi UMKM untuk semakin berkembang, sehingga dapat bersaing tidak hanya di lokal tapi global.

"Mari kita manfaatkan kesempatan ini dengan memberikan inovasi terbaik. Terimakasih banyak kepada PT KPI Unit Dumai atas kegiatan hari ini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper