Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BP Batam Mulai Berlakukan E-Ticketing di Pelabuhan Domestik

BP Batam menerapkan sistem tiket online di pelabuhan domestik Batam, antara lain Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telaga Punggur dalam waktu dekat ini.
Ilustrasi pelabuhan penyeberangan Batam./Ist
Ilustrasi pelabuhan penyeberangan Batam./Ist

Bisnis.com, BATAM — Badan Pengusahaan (BP) Batam mulai menerapkan sistem e-ticketing atau tiket online di pelabuhan domestik Batam, antara lain Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telaga Punggur dalam waktu dekat ini. Penerapan e-ticketing ini bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan bagi seluruh pengguna jasa kepelabuhanan, termasuk sektor pelabuhan penumpang.

Wacana pemberlakuan e-ticketing ditandai dengan kegiatan penandatanganan perjanjian pelayanan e-ticketing dan tata cara pengadministrasian layanan pass penumpang domestik antara BP Batam dan 18 pimpinan perusahaan operator kapal domestik di Gedung BP Batam, Rabu (8/11/2023).

Tercatat 10 perusahaan operator kapal domestik di Terminal Domestik Sekupang dan 8 perusahaan operator kapal domestik di Terminal Domestik Telaga Punggur, yang melakukan penandatanganan perjanjian layanan e-ticketing dengan BP Batam.

Adapun dalam penyelenggaraan E-ticketing di Pelabuhan Domestik Batam, para operator kapal domestik juga menggandeng dua perusahaan provider antara lain PT Easybook Teknologi dan PT Mitra Kasih Perkasa yang telah lama berkecimpung dalam penyediaan tiket online.

"Penandatanganan perjanjian ini merupakan upaya BP Batam meningkatkan pelayanan terutama kemudahan bagi calon penumpang dalam melakukan pemesanan tiket dan efisiensi layanan sehingga tidak ada lagi antrean pembelian tiket di pelabuhan, terutama saat high season," ujar Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar.

Dendi menambahkan bahwa uji coba penerapan e-ticketing dilakukan mulai tanggal 8-12 November 2023. Jika uji coba berjalan lancar, maka BP Batam akan melakukan sosialisasi penerapan e-ticketing kepada stakeholder jasa kepelabuhanan dan media massa dilanjutkan dengan kegiatan soft launching yang ditargetkan terlaksana pada 14 November mendatang.

BP Batam sendiri telah melakukan koordinasi secara intens dengan asosiasi INSA (Indonesian National Shipowners’ Association) DPC Batam, PELRA (Pelabuhan Rakyat) DPC Batam, operator kapal domestik, perbankan dan perusahaan penyedia sistem sejak Agustus 2023.

"Diharapkan dengan penerapan e-ticketing ini, proses perjalanan penumpang kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telaga Punggur akan menjadi lebih efisien dan transparan, serta meningkatkan pengalaman penumpang dalam menggunakan layanan transportasi laut di Kota Batam," imbuhnya.

Terlebih lagi, Batam merupakan transit hub bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang akan melakukan perjalanan ke Pulau-Pulau lain di dalam wilayah Kepulauan Riau maupun Provinsi Riau.

"Penerapan tiket online ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi penumpang yang berada di kota lain yang ingin menuju atau berangkat dari Pelabuhan Domestik Sekupang maupun Telaga Punggur ke tujuan pulau berikutnya," katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper