Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel akan Terima Kuota Rice Cooker Gratis 10.844

Rice cooker nantinya akan diterima oleh calon penerima yang telah terdaftar pada usulan kades atau lurah setempat.
Rice cooker/Istimewa
Rice cooker/Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah bakal membagikan alat memasak berbasis listrik (AML) berupa rice cooker, sebagai upaya mengurangi impor Liquified Petroleum Gas (LPG) yang diperuntukkan untuk memasak serta meningkatkan penggunaan teknologi memasak yang lebih bersih.

Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) Tulus Santoso mengatakan Sumsel akan mendapatkan penyaluran rice cooker gratis sebanyak 10.844 buah. 

"Untuk Sumsel diamanahkan rice cooker sebanyak 10.844 pieces," katanya, Kamis (19/10/2023). 

Dia menjelaskan, rice cooker nantinya akan diterima oleh calon penerima yang telah terdaftar pada usulan kades atau lurah setempat. 

Adapun untuk terdaftar dalam usulan itu, para calon penerima harus mengisi beberapa formulir yang disyaratkan sesuai dengan peraturan  menteri ESDM RI Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga.

"Kami baru berkoordinasi dengan PLN, sehingga masih membuatkan surat ke cabang dinas ESDM di Kabupaten/kota yang ada di Sumsel untuk mengkoordinir usulan yang masuk dari Kabupaten/Kota," jelasnya. 

Tulus mengatakan dalam proses pendataan nantinya kades dan lurah setempat akan dibantu oleh pihak RT atau RW masing-masing wilayah. "Selain itu juga melampirkan foto copy KTP dan ID Pelanggan PLN," imbuhnya. 

Sementara untuk penyerahan berkas, kata dia, paling lambat usulan dari kades atau lurah harus diterima oleh pihaknya di tanggal 25 Oktober 2023 dan akan divalidasi untuk selanjutnya dilanjutkan ke Kementerian ESDM. 

"Nantinya pihak PLN dapat bekerja menyelesaikan validasi selama 5 hari dan untuk selanjutnya disampaikan ke Kementerian ESDM RI datanya," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper