Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waterfront City KSPN Danau Toba Ditarget Rampung Bulan Depan

Waterfront City Pangururan terbentang sepanjang 1,5 kilometer (KM) dengan luas sebesar 6,4 hektare.
Danau Toba menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi dari Medan./ Kemenparekraf
Danau Toba menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi dari Medan./ Kemenparekraf

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya menargetkan proyek Waterfront City yang berlokasi di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatra Utara.

Kepala Satuan Kerja Wilayah III Balai Prasarana Pemukiman wilayah Sumatera Utara, Dwi Atma Singgih Raharja Sabar menjelaskan bahwa Waterfront City Pangururan terbentang sepanjang 1,5 kilometer (KM) dengan luas sebesar 6,4 hektare.

"Ini sudah mulai konstruksi sejak September tahun lalu, dan ditargetkan rampung pada pertengahan November tahun ini. Hal ini dikarenakan waterfront digunakan untuk event seri kejuaraan jetski tingkat dunia Aquabike World Championship." jelasnya di kawasan Waterfront City, Kamis (5/10/2023).

Adapun, progres pembangunan waterfront city Pangururan KSPN Danau Toba saat ini dilaporkan telah mencapai 75 persen.

Lebih rinci Singgih menjelaskan, Waterfront City Pangururan terdiri dari 5 segmen utama. Di mana,  segmen pertama yakni taman pustaka baha yang menampilkan artwork berupa taman pustaha Batak yang menceritakan syair Toba karya penyair setempat.

Segmen kedua yakni segmen tanjung horbo. Di mana nantinya ditempatkan batuan geologi Danau Toba. Hal ini melibatkan tim ahli geologi terkait batuan-batuan vulkanik akibat terjadinya letusan gunung purbakala Toba yang disusun guna menjadi edukasi bagi masyarakat.

Adapun segmen 3 yakni Aek Natio. Lokasi ini dilaporkan menjadi puncak atraksi dari seluruh area waterfront dan terdapat air mancur menari  yang dapat disaksikan baik melalui amphiteater dan pusat kuliner di darat maupun dari atas kapal di danau. 

Segmen 4 mencakup taman rohani yang juga dilengkapi dry fontain. Sedangkan segmen 5 terbagi ke dalam 3 seksi terpisah. Di mana, seksi 5A mencakup di galeri samosir dipasang videotron sepanjang 9 meter dan tinggi 1,5 meter.

Kemudian seksi 5B terdapat galeri totem dunia yang berasal dari berbagai masyarakat adat budaya Indonesia seperti Papua, Samosir, Dayak hingga totem masyarakat adat dunia seperti totem dari suku Ainu Jepang dan totem suku Maori Selandia Baru.

Sedangkan seksi 5C Plaza Onan Baru merupakan Pasar Onan yang direvitalisasi menjadi lebih baik dan juga dipasang panel surya sebagai sumber listrik untuk layanan bagi seluruh area waterfront baik penerangan jalan maupun taman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper