Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Indonesia Gelar Festival Ekonomi Syariah di Bukittinggi

Kegiatannya dipusatkan di dua titik, yakni kawasan Jam Gadang dan lapangan Kantin. Ada ratusan UMKM yang terlibat.
Ilustrasi layanan keuangan syariah.
Ilustrasi layanan keuangan syariah.

Bisnis.com, PADANG - Bank Indonesia akan menggelar Festival Ekonomi Syariah pada 13-6 Juli 2023 mendatang yang dilangsungkan di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar Endang Kurnia Saputra mengatakan pada kegiatan festival tahun ini BI berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumbar, dimana kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Sumbar.

"Kegiatannya dipusatkan di dua titik, yakni kawasan Jam Gadang dan lapangan Kantin. Ada ratusan UMKM yang terlibat serta ada penampilan grup bank Padi serta rangkaian kegiatan lainnya," sebut dia dalam keterangan tertulis, Minggu (9/7/2023).

Dia menjelaskan dalam Festival Ekonomi Syariah itu juga akan ada sejumlah kegiatan lainnya, di antaranya sosialisasi ekonomi dan keuangan syariah yang bersifat seminar, ada pameran UMKM, serta berbagai lomba lainnya, termasuk lomba foto.

Menurutnya dalam kegiatan tersebut nantinya juga akan dilakukan soft launching Kawasan Halal Lifestyle Masjid Raya Sumbar, Pencanangan Gerakan Perluasan Pusat Perbelanjaan SIAP QRIS, Pemberian Sertifikasi Halal kepada 300 UMKM, perjanjian kerja sama dengan pondok pesantren, serta Pencanangan Gerakan QRIS Goes to School.

Di kesempatan yang sama, Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumber Daya Erinaldi menyampaikan kedua kalinya kegiatan serupa digelar BI. Baginya, kegiatan tersebut memiliki banyak dampak bagi masyarakat dan perekonomian.

"Kami berharap kolaborasi antara lembaga keuangan yang ada di Sumbar dengan UMKM kita bisa dengan baik, sehingga festival ini memberikan dampak yang membuat kepada perkembangan ekonomi syariah di Sumbar," ujarnya.

Untuk itu, Erinaldi menegaskan Pemprov Sumbar sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya berbagai upaya peningkatan ekonomi syariah oleh Bank Indonesia di Sumbar.

"Semoga festival ini sukses dan dapat meningkatkan kualitas produk dan pasar UMKM kita serta menumbuhkan lebih banyak lagi pelaku usaha di Sumbar," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler