Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uni Eropa Perkuat Hubungan Bilateral dengan Batam

BP Batam menerima kunjungan kerja Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Mr Vincent Piket, Selasa (4/7/2023).
Muhammad Rudi, Walikota Batam dan juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam./Bisnis-Bobi Bani
Muhammad Rudi, Walikota Batam dan juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam./Bisnis-Bobi Bani

Bisnis.com, BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam menerima kunjungan kerja Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam Vincent Piket, Selasa (4/7/2023).

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi yang menerima kunjungan tersebut mengatakan kunjungan ini dapat memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Uni Eropa. 

"Saya menawarkan kepada Uni Eropa untuk ikut berkontribusi terhadap pembangunan Batam. Saya berharap kunjungan kerja ini mampu memberikan dampak terhadap kemajuan industri Kota Batam," ujar Rudi usai pertemuan.

Pihaknya pun berkomitmen untuk menjaga iklim investasi di Batam, dengan sejumlah langkah strategis seperti menggesa pembangunan infrastruktur dan memberikan kemudahan dalam mengurus perizinan.

Dengan percepatan pembangunan dan realisasi investasi, Rudi optimis pertumbuhan ekonomi Batam akan ikut meningkat.

"BP Batam menjamin kemudahan perizinan untuk mendukung investasi. Sehingga, hal tersebut dapat berkontribusi pula bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Saya juga menyambut baik kunjungan ini sebagai upaya mendorong pembangunan berkelanjutan," paparnya. 

Sementara itu Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Mr Vincent Piket, menaruh rasa kagum dengan perkembangan Batam, khususnya di sektor industri manufaktur.

Vincent mengatakan letak Batam yang strategis menjadi faktor utama keberhasilan pembangunan saat ini.

Tidak hanya itu, Vincent juga menyinggung soal penyelesaian perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

Indonesia dan Uni Eropa sudah sepakat untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait sengketa perdagangan, dan mendorong agar kesepakatan IEU CEPA dapat menjadi alternatif penyelesaian bagi permasalahan ekonomi, perdagangan dan investasi antara kedua pihak.

"Saya melihat letak Batam sangat strategis. Hal ini bagus untuk pengembangan investasi. Saya bertemu banyak sekali perusahaan Uni Eropa yang mencari tempat untuk berinvestasi. Banyak perusahaan yang bisa kita tarik ke Indonesia, termasuk Batam. Tapi apa yang ditawarkan untuk kami sangat menarik, khususnya dari segi kemudahan perizinan," ujarnya.

Ia berharap, Uni Eropa pun bisa sesegera mungkin untuk merealisasikan kerja sama dengan Batam sehingga dapat berkontribusi terhadap pembangunan daerah ke depan.

"Kami berharap bisa segera melakukan agreement dengan Indonesia dan segera berinvestasi di Kota Batam yang sangat strategis ini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Setiawan Lubis
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler