Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sampah Binaan PHR Dapat Dukungan Penuh Ibu Negara Iriana Jokowi

PHR berkomitmen melalui program TJSL mendorong konservasi keanekaramgaman hayati serta peningkatan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan lingkungan.
Ibu Negara Iriana Jokowi
Ibu Negara Iriana Jokowi

Bisnis.com, PEKANBARU - Kelompok Bank Sampah Pondok Pesantren Ibnu Almubarok, Pekanbaru mendapat dukungan penuh dari Ibu Negara Iriana Jokowi.

Di tengah perhelatan peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, bank sampah binaan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama LPPM Universitas Lancang Kuning (Unilak) ini mendapat kesempatan dialog dan berinteraksi dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Kehadiran Bank Sampah Ibnu Almubarok atas undangan Pusat Pengendalian Ekoregion Sumatera KLHK dalam kegiatan Kompos Satu Negeri dengan tema 'Gerakan Hidup Minim Sampah' pada Sabtu 10 Juni lalu. 

Selain Ibu Negara Iriana Jokowi, turut hadir Ibu Wury Ma’ruf Amin dan Oase Kabinet Indonesia Maju yang menyapa peserta dari Istana Tampaksiring, Bali secara online.

Interaksi dengan Ibu Negara Iriana Jokowi menjadi pengalaman berharga bagi penggerak Bank Sampah Ibnu Almubarok, Rinwiningsih.

“Alhamdulillah respons Ibu Iriana sangat bagus. Ibu Iriana mendukung penuh gerakan pengurangan sampah,” kata Penggerak Bank Sampah Binaan PHR Ibnu Almubarok Rinwiningsih, Senin (26/6/23).

Selain Bank Sampah Ibnu Almubarok, turut berpartisipasi Kelompok Bank Sampah Hijau Kelurahan Tobek Godang, Kampung Iklim Tobek Godang dan Bank Sampah Cinta Lestari Desa Kuala Kampar.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan kegiatan pembuatan kompos secara serentak yang langsung dipandu Ibu Negara Iriana Jokowi diikuti peserta baik secara online maupun offline. Rinwiningsih dari Bank Sampah Ibnu Almubarok ditunjuk untuk menyampaikan pembuatan kompos. 

“Kami juga sampaikan proses pembuatan pupuk lindi,” ujar Rini.

Dia menambahkan, bersama P3E Sumatera, komunitas bank sampah senantiasa berkolaborasi dan berperan aktif memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pemanfaatan sampah organik maupun anorganik. Pemanfaatan sampah organik bukan hanya untuk kompos, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat eco enzyme, budi daya maggot dan pupuk cair.

Sejauh ini, Bank Sampah Ibnu Almubarok terus tumbuh dan berkembang setelah mendapat pendampingan dari PHR bersama mitra pelaksana LPPM Unilak. Tidak hanya berhasil mengajak masyarakat dalam pengurangan sampah, bank sampah ini sekaligus membuka peluang usaha bagi masyarakat di Kelurahan Agrowisatata, Kecamatan Rumbai Barat, Pekanbaru mendapatkan cuan dari daur ulang sampah.

Sejumlah instansi pemerintahan pun ikut bergabung menjadi nasabah, di antaranya pihak kantor kelurahan, kantor kecamatan, sekolah dan peruguran tinggi.

Bank Sampah Ibnu Almubarok juga menjadi percontohan sekaligus pusat pelatihan pengelolaan sampah. Pesertanya beragam, mulai dari pemerintahan hingga masyarakat umum. 

Keberhasilannya dalam mengelola bank sampah membuat Ponpes Ibnu Almubarok meraih sejumlah pengharagaan baik di tingkat lokal maupun nasional, di antaranya Juara I Program Satuan Pendidikan Peduli Lingkungan dari Kementerian Agama 2023.

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) secara konsisten mengambil peran menjaga lingkungan hidup di Provinsi Riau. Melalui sejumlah Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), perusahaan hulu migas terkemuka di Indonesia ini terus berupaya memperhatikan aspek lingkungan di tengah operasi menjaga ketahanan energi nasional.

PHR berkomitmen melalui program TJSL  mendorong konservasi keanekaramgaman hayati serta peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan lingkungan. 

“Selain berpusat pada pengembangan masyarakat secara sosial, PHR juga mendorong kepedulian atas pengembangan masyarakat di bidang lingkungan yang berfokus pada upaya perlindungan lingkungan,” kata Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto.

Program bank sampah menjadi salah satu unggulan yang telah direplikasi di 40 lokasi di berbagai kabupaten/kota di Riau. Selain itu, bank sampah juga menjadi bagian dari kesuksesan program Adiwiyata sekolah hingga penghijauan lingkungan melalui pemberian ilmu dan praktik kepada instansi pemerintahan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper