Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Indomobil Targetkan Market Share 17 Persen di Segmen Medium SUV

Sejak resmi diluncurkan pada Februari 2020 lalu, XL7 telah menarik perhatian konsumen di segmen medium SUV.
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan model terbaru dari mobil keluarga, Suzuki XL7 Hybrid, di Pekanbaru Riau dengan menggandeng diler utama PT Sejahtera Buana Trada (SBT).
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan model terbaru dari mobil keluarga, Suzuki XL7 Hybrid, di Pekanbaru Riau dengan menggandeng diler utama PT Sejahtera Buana Trada (SBT).

Bisnis.com, PEKANBARU-- PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan model terbaru dari mobil keluarga, Suzuki XL7 Hybrid, di Pekanbaru Riau dengan menggandeng diler utama PT Sejahtera Buana Trada (SBT).

SIS menargetkan bakal menguasai hingga 17 persen pasar mobil segmen Medium SUV lewat mobil teranyar itu.

Fleet Business and Sales Support 4W Asset To Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales Sukma Dewi mengatakan sejak resmi diluncurkan pada Februari 2020 lalu, XL7 telah menarik perhatian konsumen di segmen medium SUV. Pada tahun pertamanya, model tersebut berhasil mencatatkan penguasaan pasar sebesar 15,25 persen di segmen tersebut. 

"Kami meluncurkan Suzuki XL7 Hybrid setelah pertama kali dikenalkan 2020 lalu. Peluncuran mobil ini adalah langkah kami dalam mendukung program langit biru pemerintah, lewat teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang lebih ramah lingkungan dan efisien," ungkapnya, Minggu (25/6/2023).

Sejak peluncurannya pada 15 Juni 2023 lalu di Jakarta, minat masyarakat terhadap Suzuki XL7 Hybrid sangat tinggi. Tercatat hingga kini pihaknya telah menerima indent nasional sebanyak 700 unit yang dikirim ke dealer-dealer di seluruh Indonesia. Bahkan, sudah lebih dari 500 unit yang sudah diterima surat pemesanan (SPK) dari dealer-dealer tersebut.

Dalam menjalankan strategi pemasaran yang telah disiapkan, Suzuki menargetkan penjualan sebanyak 12.000 unit Suzuki XL7 Hybrid hingga akhir tahun. Target ini sejalan dengan rencana perusahaan untuk meraih pangsa pasar sebesar 16-17 persen di segmen medium SUV di seluruh Indonesia.

"Kami optimis dengan performa Suzuki XL7 Hybrid ini dan harapannya dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan kendaraan ramah lingkungan dengan kinerja yang tangguh," ungkapnya.

Kepala Wilayah Suzuki SBT Riau, Santoni menyebutkan rerata penjualan XL7 setiap bulannya mencapai 30 unit. Kini dengan hadirnya XL7 Hybrid, angka sales diharapkan bisa naik dua kali lipat hingga ke posisi 60 unit kedepannya.

Beberapa strategi yang disiapkan diler itu diantaranya adalah dengan uang muka ringan, hingga tenor pinjaman lebih panjang, bahkan sampai 8 tahun untuk mobil passenger.

Adapun sejumlah daya tarik yang terdapat pada New XL7 Hybrid meliputi sejumlah pembaruan pada sektor dapur pacu, tampilan eksterior, kelengkapan interior serta fitur keselamatan. 

Saat ini, New XL7 Hybrid menggunakan mesin K15B yang dipadukan dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang lebih ramah lingkungan dan efisien. SHVS meliputi 2 komponen penting yaitu Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery yang akan membantu meringankan kinerja mesin 1.500cc berkode K15B. 

Perangkat teknologi tersebut memungkinkan adanya fungsi engine auto start-stop yang bekerja untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar ketika tidak diperlukan, sehingga emisi gas buang serta konsumsi bahan bakar pun dapat dikurangi selama perjalanan. 

Teknologi SHVS yang praktis dan terbukti minim biaya perawatan ini tidak perlu dikhawatirkan oleh penggunanya, karena untuk komponen Lithium-ion battery sudah dijamin oleh Suzuki melalui kebijakan garansi resmi selama 8 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler