Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Desa di Tanah Datar Jadi Generic Model Ekosistem Keuangan Inklusif

OJK menunjuk Nagari/Desa Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, menjadi Generic Model Ekosistem Keuangan Inklusif.
Bupati Tanah Datar Eka Putra di acara Kick Off EKI di Wilayah Pedesaan, Nagari Sumpur, Tanah Datar, Sumatra Barat, Kamis (22/6/2023). /dok Prokopim
Bupati Tanah Datar Eka Putra di acara Kick Off EKI di Wilayah Pedesaan, Nagari Sumpur, Tanah Datar, Sumatra Barat, Kamis (22/6/2023). /dok Prokopim

Bisnis.com, BATUSANGKAR - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjuk Nagari/Desa Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, menjadi Generic Model Ekosistem Keuangan Inklusif (GM EKI).

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan adanya GM EKI di Sumpur diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di pedesaan. Karena dalam GM EKI ini berhubungan dengan salah satu program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Tanah Datar yang mendukung ketahanan pangan, yakni Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), Asuransi Usaha Ternak Sapi/ Kerbau (AUTS/K) serta program Bajak Gratis.

"Kita berharap kegiatan GM EKI di Sumpur, dapat terlaksana secara berkesinambungan, dengan dukungan OJK yang akan mempermudah akses keuangan, yang manfaatnya akan dirasakan masyarakat Tanah Datar,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/6/2023).

Bupati menyebutkan guna pemberdayaan UMKM, Pemkab Tanah Datar juga telah melaksanakan program kerja pemberian kredit pembiayaan melawan rentenir, yakni program Memaksimalkan Pemberantasan Rentenir Agar Hilang di Tanah Datar (Makan Rendang di Tanah Datar).

"Apalagi dengan adanya GM EKI, akan dapat semakin kuat dan mendorong perekonomian di pedesaan," sebut Eka.

Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumbar Ria Wijayanti juga mengatakan dengan adanya GM EKI turut membesarkan UMKM yang ada di Tanah Datar khususnya dan Sumbar umumnya.

"Kami dari Pemprov Sumbar berterima kasih banyak telah memilih beberapa daerah di Sumbar untuk melaksanakan Kick Off EKI ini," ujarnya.

Di satu sisi dia berharap dengan adanya Kick Off EKI itu dapat dilaksanakan ke semua desa di Sumbar, sehingga terjadi pemerataan.

“Mudah-mudahan Kick Off EKI bisa digelar di berbagai daerah, tidak hanya Nagari Sumpur yang merasakan nikmatnya, tetapi nagari/desa lainnya di 19 kabupaten dan kota di Sumbar,” kata Sri.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi menyebutkan alasan memilih Nagari Sumpur, karena melihat semangat masyarakat dalam mengembangkan usaha dengan sangat luar biasa.

"Di sini kita akan memberikan kegiatan literasi dan inklusi di sektor keuangan,” sebutnya.

Dia menambahkan setiap wilayah yang ditunjuk dalam pelaksanaan EKI memiliki potensi wisata yang mampu menjadi daya tarik wisatawan, terkait hal itu sudah pilihan tepat memilih Nagari Sumpur yang berada di tepian Danau Singkarak, serta memiliki komoditas andalan, yakni ikan bilih, buah sawo dan sebagainya.

Dikatannya melalui kegiatan tersebut masyarakat akan lebih mengetahui produk-produk jasa keuangan, sehingga dapat mengantisipasi berbagai bentuk penipuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper