Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran, Pemprov Riau Perbaiki Jalan Lintas Kampar-Rohul

Pemda ingin agar jalan lintas yang mengalami kerusakan, bisa dilakukan perbaikan dan minimalnya fungsional sehingga dapat dilewati dengan lancar untuk mudik.
Alat berat sedang melakukan pekerjaan pelebaran jalan lintas Kabupaten Kampar-Rokan Hulu. /Istimewa
Alat berat sedang melakukan pekerjaan pelebaran jalan lintas Kabupaten Kampar-Rokan Hulu. /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemerintah Provinsi Riau melakukan berbagai perbaikan dan pelebaran jalan menjelang momen Lebaran pada tahun ini, termasuk di ruas jalan lintas Kabupaten Kampar dengan Kabupaten Rokan Hulu.

Gubernur Riau Syamsuar yang meninjau langsung ke lokasi, menyebutkan bahwa pemda ingin agar jalan lintas yang mengalami kerusakan, bisa dilakukan perbaikan dan minimalnya fungsional sehingga dapat dilewati dengan lancar untuk mudik Lebaran tahun ini.

"Lebaran Idulfitri tidak lama lagi, kami berharap kepada semua petugas PUPR di lapangan agar dapat melakukan perbaikan jalan rusak dan berlubang, sehingga arus mudik masyarakat tidak terganggu," ungkapnya, Kamis (6/4/2023).

Syamsuar meninjau perbaikan dan pelebaran jalan di tiga lokasi jalan lintas Kampar - Rohul yaitu pelebaran jalan Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang, pembangunan turap dan perbaikan dari longsor, serta perbaikan jalan rusak di Desa Silam, Kecamatan Kuok.

Menurutnya jalan lintas ini akan menjadi akses masyarakat dari Kampar menuju wilayah Rohul, serta yang akan melanjutkan perjalanannya ke perbatasan Provinsi Sumatra Utara.

Karena itulah diharapkan dengan adanya perbaikan dan pelebaran jalan ini, akan memudahkan masyarakat saat mudik ke kampung halaman di momen Lebaran.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau mengucurkan anggaran Rp107 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Rinciannya, Rp87 miliar untuk pembangunan fisik dan Rp20 miliar untuk pemeliharaan.

Kepala Bidang Bina Marga PUPR-PKPP Riau Arief Setiawan menjelaskan anggaran tersebut dibagi kedalam 10 paket kegiatan, terdiri dari pekerjaan jalan dan jembatan yang saat ini sudah masuk dalam tahap lelang.

"Sesuai rencana, awal April nanti proyek jalan dan jembatan di Rohul sudah dilaksanakan. Untuk saat ini masih dalam tahapan proses lelang," ujarnya beberapa waktu lalu.

Dia memaparkan anggaran pembangungan tersebut dianggarkan di APBD Provinsi Riau 2022, dan pelaksanaannya dilakukan UPT PUPR Riau di daerah. Yaitu UPT VI dengan titik lokasi diantaranya pertama, pembangunan Jalan Rokan IV Koto-Pendalian IV Koto. Kedua, pembangunan Jalan Ujungbatu-Rokan IV Koto Batas Sumbar. Ketiga, pembangunan jalan Ujungbatu-Rokan IV Koto - Batas Sumbar (Rigid Beton).

Keempat, jalan Ujung batu-Rokan IV Koto-Batas Sumbar (dinding penahan tebing) satu paket. Lalu kelima, pembangunan Jalan Dalu-Dalu menuju Mahato.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper