Putra-Putri Riau Antusias Daftar Beasiswa Prestasi PHR

Proses pendaftaran untik program Beasiswa Prestasi S-1 akan berlangsung hingga 6 April 2023 mendatang.
Foto: Putra-Putri Riau Antusias Daftar Beasiswa Prestasi PHR
Foto: Putra-Putri Riau Antusias Daftar Beasiswa Prestasi PHR

Bisnis.com, SUMATRA - Program beasiswa PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang bekerja sama dengan Pertamina Foundation menarik minat tinggi para pelajar di Riau. Hingga hari ke-20 pendaftaran, jumlah pendaftar program ini sudah mencapai 946 orang.

Corporate Secretary PT PHR Rudi Ariffianto mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran pada 6 Maret 2023 lalu, jumlah pendaftar terus bertambah. Para pendaftar diketahui merupakan siswa-siswi berprestasi yang memiliki catatan akademis yang gemilang di sekolah asalnya.

"Hingga kini ada 864 orang yang mendaftar untuk program Beasiswa S-1 dan 82 orang untuk program Beasiswa S-2. Kami melihat antusias yang tinggi dari putra-putri Riau untuk mengikuti program ini," kata Rudi, Senin (27/3/2023).

Rudi menambahkan, para pendaftar untuk program S-1 sebelumnya sudah melewati seleksi dari sekolah masing-masing yakni tingkat SMA/SMK sederajat dengan akreditasi A dari 7 kabupaten/kota yang ada di Riau, dengan memperhatikan catatan akademis dan prestasinya. "Artinya, seluruh kandidat ini sudah mewakili siswa berprestasi dari sekolah. Jadi jumlah pendaftar ini sudah merefleksikan calon-calon S-1dan S-2 yang sudah memiliki prestasi," jelas Rudi.

Proses pendaftaran untik program Beasiswa Prestasi S-1 akan berlangsung hingga 6 April 2023 mendatang. Sedangkan untuk program Beasiswa Prestasi S-2 akan berlangsung hingga 6 Mei 2023.

Beasiswa Prestasi PHR akan diberikan kepada 10 orang terpilih untuk menempuh pendidikan sarjana (S1) di Universitas Pertamina dan dua orang terpilih untuk menempuh pendidikan magister (S2) di Amerika Serikat jurusan Petrotech. Adapun persyaratan Beasiswa Prestasi PHR sebagai berikut:

Persyaratan Beasiswa Prestasi PHR Sarjana (S1)

1. Berasal dari SMA/SMK/MA Akreditasi A pada 7 (tujuh) kabupaten/kota, yakni Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Dumai, Pekanbaru, dan Kampar.
2. Putra-Putri asli Riau dibuktikan dengan Kartu Keluarga.
3. Surat Rekomendasi Prestasi dari kepala sekolah.
4. Raport SMA/SMK/MA semester 1-5.
5. Sertifikat Prestasi Non Akademik dan Motivation Letter.
6. Tidak terbuka untuk putra/putri pekerja PT Pertamina Hulu Rokan.

Persyaratan Beasiswa Prestasi PHR Magister (S2)
1. Batas usia maksimal 30 tahun dan diutamakan belum menikah.
2. Tidak sedang terikat kontrak dengan institusi manapun.
3. Putra-Putri asli Riau dibuktikan dengan KTP Pelamar dan KTP Orang Tua.
4. Motivation Letter.
5. Ijazah Sarjana (S1) dengan IPK ≥ 3,00.
6. Sertifikat Vaksin dan Surat Keterangan Sehat (termasuk bebas TBC).
7. TOEFL ITP ≥ 600 atau iBT ≥ 100 atau IELTS 6.0.
8. Surat rekomendasi dari Universitas asal Fakultas Teknik
9. Tidak terbuka untuk putra/putri pekerja PT Pertamina Hulu Rokan.

Beasiswa Prestasi PHR memberikan beragam manfaat bagi para penerima. Untuk Beasiswa Prestasi PHR Sarjana (S1) di Universitas Pertamina, para penerima akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan SPP/UKT, biaya hidup dan pendukung serta biaya program pengembangan kapasitas dan Aksi Sobat Bumi.

Sementara, untuk penerima Beasiswa Prestasi PHR Magister (S2) di Amerika Serikat akan memperoleh biaya pendaftaran universitas, biaya pendidikan SPP/Tuition Fee, biaya hidup, biaya pendukung pendidikan meliputi Tesis, Seminar, dan Publikasi Jurnal. Penerima juga mendapatkan biaya Residential Transit dan transport lokal, biaya visa dan pengurusannya serta asuransi kesehatan.

Program Beasiswa Prestasi PHR ini merupakan wujud komitmen PHR bersama Pertamina Foundation untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Riau dalam mencetak generasi pemimpin masa depan yang berdaya saing.

Sebelumnya, PHR bersama Pertamina Foundation telah melakukan sosialisasi Program Beasiswa Pendidikan ini terhadap ratusan sekolah yang diwakili kepala sekolah SMA/ SMK/ dan MA dari tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Riau, di Pekanbaru, Kamis (2/3).

Untuk pendaftaran Beasiswa Prestasi PHR 2023 serta informasi lebih lanjut, bisa kunjungi https://www.pertaminafoundation.org/ atau media sosial resmi PT Pertamina Hulu Rokan dan Pertamina Foundation. Seluruh proses penyelenggaran Beasiswa Prestasi PHR tidak dipungut biaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler