Unand Ujicoba Alat Sensor Buah Sawit ke PT Dharma Satya Nusantara (DSNG)

Alat pendeteksi kematangan buah sawit ini telah didesain hingga dapat menentukan tingkat kematangan yang sesuai untuk buah dapat dipanen.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PADANG - Universitas Andalas mengirim 30 unit sensor buah sawit sebagai hilirisasi riset yang akan dikembangkan oleh dosen bersama mahasiswa Unand ke PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG).
 
Direktur Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Unand M. Makky mengatakan sensor yang dikirim tersebut merupakan alat pendeteksi kematangan buah sawit yang telah didesain hingga dapat menentukan tingkat kematangan yang sesuai untuk buah dapat dipanen.

"Jadi alat tersebut merupakan sampel untuk diujicobakan di perusahaan komersial, dengan harapan dapat berkontribusi langsung pada dunia industri," katanya, Jumat (17/2/2023).

Dia menjelaskan adanya terjalin hubungan itu adanya komunikasi untuk bekerja sama mengembangkan produk tersebut dengan pendanaan dari PT Dharma Satya Nusantara Tbk.

Dikatakannya pengiriman ini merupakan pengiriman kedua kalinya, sehingga total unit sensor yang telah dikirimkan Unand ke PT Dharma Satya Nusantara Tbk sejumlah 60 unit.

Makky juga menyebutkan selain ke PT Dharma Satya Nusantara Tbk untuk mengirimkan alat sensor sawit itu, Unand juga akan didistribusikan ke perusahaan industri sawit lain yang juga telah bekerja sama dengan Unand.

PT Dharma Satya Nusantara sendiri merupakan perusahaan agroindustri yang mengelola industri kelapa sawit dan produk kayu yang bernaung di DSN Group.

Unand telah menjalin kerja sama dengan PT Dharma Satya Nusantara Tbk sejak tahun 2021 lalu melalui MoU yang bertujuan untuk mewujudkan atau mengembangkan produk inovasi, hilirisasi, serta komersialisasi produk inovasi dalam rangka mendukung program tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.              

Makky menjelaskan, penyerahan alat ini merupakan salah satu bentuk perwujudan keseriusan Unand dalam hilirisasi dan pengembangan riset.

Dia juga berharap, dengan adanya penyerahan alat ini nantinya akan terbuka pula kesempatan untuk komersialisasi dari produk tersebut, yang akan memberikan profit pada Unand sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper