Strategi Sumsel Mengerek Sektor Produktif untuk Pertumbuhan Ekonomi

Pemprov Sumsel akan mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai upaya mengerek sektor produktif dalam pertumbuhan ekonomi.
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) akan mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai upaya mengerek sektor produktif dalam pertumbuhan ekonomi.

Asisten II bidang Ekonomi, Keuangan (Ekeu) dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Sumsel Darma Budhy mengatakan sejak pandemi beberapa waktu lalu UMKM justru semakin kuat.

Menurutnya, sekarang banyak sekali perusahaan-perusahaan yang memberhentikan pegawainya.

Budhy menekankan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) akan bersinergi untuk membantu pertumbuhan UMKM dan meningkatkan sektor produktif.

"Inilah tugas pemerintah untuk membantu UMKM, baik melalui perbankan maupun peningkatan SDM," kata Budhy kepada Bisnis, Rabu (8/2/2023).

Selain itu Budhy menilai, salah satu yang menjadi hambatan dalam terealisasinya dominasi sektor produktif ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal.

Misalnya seperti UMKM, hambatannya terletak pada Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga Regulasi.

"Kita tahu UMKM kan industri jadi badan hukum, sertifikat asetnya ada regulasi yang menjamin mereka. Jadi pemerintah daerah masih mengatur ini untuk bisa membantu mereka tapi tetap tidak melanggar aturan," pungkas Budhy. (K64)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper