Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Transaksi UMKM Sumatra di Amartha Rp55 Miliar, Sumbar Tertinggi

Sektor yang paling banyak menerima permodalan adalah sektor perdagangan, porsinya mencapai lebih dari 60 persen.
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 06 Desember 2022  |  18:18 WIB
Transaksi UMKM Sumatra di Amartha Rp55 Miliar, Sumbar Tertinggi
Sosialisasi penggunaan aplikasi Amartha untuk mitra binaan Amartha di Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat, - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, PADANG — PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) menyebutkan transaksi pelaku UMKM di wilayah Sumatra melalui aplikasi Amartha+ hingga Oktober 2022 mencapai Rp55 miliar.

Senior Business Development Lead Amartha, Aditya Pratomo, mengatakan, angka transaksi tersebut terbilang bagus. Hal tersebut juga turut mendukung kinerja keuangan Amartha di Sumatra tahun 2022 yang berhasil tumbuh lebih dari dua kali lipat (year on year/yoy) dengan total penyaluran hingga Rp1,7 triliun.

"Kalau melihat pada periode yang sama, penyaluran modal di wilayah Sumatra mencapai lebih dari Rp800 miliar," katanya pada kegiatan di Kota Payakumbuh, Selasa (6/12/2022).

Dia menjelaskan angka tersebut menunjukkan lebih dari 337.000 mitra pelaku usaha mikro di wilayah Sumatra telah menerima permodalan dari Amartha, dan sepertiganya berada di Sumatra Barat.

Sektor yang paling banyak menerima permodalan adalah sektor perdagangan, porsinya mencapai lebih dari 60 persen. Kemudian disusul dengan sektor lainnya seperti pertanian, industri rumah tangga, dan sektor kerajinan.

“Melihat jumlah mitra di wilayah Sumatera yang masih terus bertambah, upaya Amartha untuk mendigitalisasi UMKM masih akan terus berlanjut," tegasnya.

Aditya melihat UMKM berpotensi besar untuk dapat tumbuh jika dapat mengadopsi digitalisasi dan memberikan kemudahan transaksi dari desa. Namun digitalisasi UMKM membutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak agar dapat terakselerasi.

Untuk itu, Amartha membuka peluang bekerja sama baik dengan perbankan, ecommerce, maupun pemerintahan setempat untuk bersama-sama mendukung akselerasi digitalisasi bagi UMKM Indonesia.

"Aplikasi Amartha+ telah hadir di wilayah Sumatra sejak tahun 2020, dan hingga sekarang ternyata banyak digunakan oleh mitra UMKM binaan Amartha," ucap dia.

Menurutnya dengan aplikasi tersebut, mitra UMKM binaan Amartha dapat memperluas layanannya seperti layanan pembayaran tagihan rumah tangga, layanan pembelian pulsa dan voucher online, hingga pembayaran angsuran secara digital.

"Dengan tambahan layanan ini, mitra UMKM dapat memperoleh pendapatan lebih besar dan memberikan akses layanan belanja digital di pedesaan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Layanan Keuangan Digital transaksi digital Amartha sumbar Teknologi Finansial
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top