Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemasangan Pipa Tuntas, PDAM Pekanbaru Perbaiki Jalan Bekas Galian

Direktur PDAM Pekanbaru Agung Anugerah mengatakan beberapa waktu lalu, banyak keluhan yang dilontarkan kepada pihaknya terkait dengan galian pipa.
Pekerja sedang melakukan rekondisi jalan bekas galian pipa proyek SPAM Pekanbaru. /Istimewa
Pekerja sedang melakukan rekondisi jalan bekas galian pipa proyek SPAM Pekanbaru. /Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Pekanbaru menyatakan proses pemasangan pipa distribusi dari proyek SPAM ke beberapa wilayah di Pekanbaru telah selesai dilaksanakan. Saat ini perseroan sedang melakukan perbaikan atau rekondisi jalan seperti sebelum proyek instalasi dilakukan.

Direktur PDAM Pekanbaru Agung Anugerah mengatakan beberapa waktu lalu, banyak keluhan yang dilontarkan kepada pihaknya terkait dengan galian pipa yang merusak kondisi jalan, hingga mengganggu kenyamanan pengguna jalan.

"Saat pengerjaan pipa-pipa tersebut sudah dalam tahap akhir hingga hydrotest, jalanan yang  dalam kondisi tidak sebagaimana mestinya itu sudah dilakukan perbaikan secara menyeluruh. Proyek SPAM telah melakukan rekondisi jalan, seperti di Jalan Jenderal hingga Jalan Dahlia,” ujarnya, Senin (5/12/2022).

Menurutnya pada saat dilakukan pengerjaan rekondisi di Jalan Jenderal, akses jalan harus ditutup dan tidak bisa dilalui oleh warga hingga pengerjaan selesai dilakukan. Perbaikan jalan ini telah mulai dilakukan pada Sabtu (3/12/2022) lalu.

Dia menjelaskan proyek SPAM Pekanbaru merupakan proyek masa depan yang dilakukan dengan cara KPBU (Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha) untuk membangun jaringan-jaringan aliran air bersih di Kota Pekanbaru maupun merevitalisasi pipa yang sudah cukup berumur untuk mengaliri air di Kota Pekanbaru menjadi pipa yang baru dan lebih baik. 

Saat ini pengerjaan SPAM Pekanbaru bekerja sama dengan Tirta Madani, yang kemudian melakukan penggantian pipa di area Pekanbaru dengan 6 kecamatan seperti Sukajadi, Payung Sekaki, Lima Puluh, Senapelan, Sail, dan Kecamatan Pekanbaru Kota. Beberapa titik pemasangan pipa sudah sampai pada tahap akhir yaitu hydrotest sehingga sudah bisa dilakukan rekondisi jalan. 

Saat ini terdapat dua proyek SPAM yang sedang berjalan, SPAM Pekanbaru dan SPAM Kampar, rekondisi jalan sepenuhnya akan dilakukan pihak terkait. Upaya rekondisi itu akan dilakukan pada waktu pekerjaan sudah mencapai tahap akhir dan kondisi galian aspal yang terdampak sudah mengeras, selain itu juga faktor cuaca juga menjadi pertimbangan untuk dilakukannya pengerjaan rekondisi jalan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler