Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sumsel Genjot Pariwisata Lewat Sport Tourism

Terdapat sejumlah daerah yang layak menjadi titik lokasi sport tourism. Bahkan, Pemprov Sumsel bakal menggelar Sriwijaya Dempo Run dalam waktu dekat.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 27 November 2022  |  18:06 WIB
Sumsel Genjot Pariwisata Lewat Sport Tourism
Sumsel Genjot Pariwisata Lewat Sport Tourism. Sejumlah pelari mengikuti acara BSB Fun Run yang digelar sejauh 6 kilometer di Kota Palembang, Minggu (27/11). -Bisnis - Dinda Wulandari
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumsel berupaya meningkatkan sektor pariwisata lewat gelaran wisata olah raga atau sport tourism.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan bahwa terdapat sejumlah daerah yang layak menjadi titik lokasi sport tourism. Bahkan, sambungnya, dalam waktu dekat, Pemprov Sumsnel bakal menggelar Sriwijaya Dempo Run di Kota Pagaralam.

“Perhelatan sport tourism itu merupakan upaya kami untuk mengangkat destinasi wisata yang ada di Sumsel,” katanya saat menghadiri acara BSB Fun Run, Minggu (27/11/2022).

Dia mengemukakan Pemprov Sumsel sudah memiliki sejumlah agenda tahunan yang rutin digelar. Salah satunya adalah Sriwijaya Ranau Gran Fondo yang digelar di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan sejak 3 tahun terakhir.

Menurut gubernur, peningkatan sektor pariwisata memerlukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Termasuk juga bank pembangunan daerah (BPD), yakni Bank Sumsel Babel.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Sumsel Babel Achmad Syamsudin mengatakan sebagai bank pembangunan daerah (BPD) pihaknya berkomitmen untuk mendukung pembangunan di berbagai sektor, salah satunya pariwisata.

“Kalau di Yogyakarta punya konsep [sport tourism] mengapa kita tidak, misalnya lewat agenda lari [marathon],” katanya.

Menurut Syamsudin, Sumsel memiliki banyak daerah wisata yang bisa menjadi titik sport tourism, salah satunya Kota Pagaralam dan Lubuklinggau.

Adapun, Pagaralam merupakan daerah pegunungan di mana terletak Gunung Dempo yang menjadi ikon wisata alam di kota itu. Kota Palembang juga dinilai layak menjadi titik sport tourism lantaran memiliki komplek olahraga Jakabaring Sport City (JSC). 

“Apalagi Bank Sumsel Babel sudah punya pengalaman dalam berkontribusi di agenda olahraga,” kata Syamsudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumsel Pariwisata olah raga
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top