Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Antisipasi Varian XBB, Muba Siagakan Petugas Kesehatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mulai menyiagakan petugas kesehatan untuk menghadapi kemunculan varian baru dari Covid-19.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 11 November 2022  |  18:10 WIB
Antisipasi Varian XBB, Muba Siagakan Petugas Kesehatan
Tangkapan layar- Ilustrasi Virus Corona varian Omicron. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Bagikan

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, mulai menyiagakan petugas kesehatan untuk menghadapi kemunculan varian baru dari Covid-19, yakni varian Omicron sub varian XBB.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin (Dinkes Muba), Azmi Dariusmansyah, mengatakan pihaknya menyiagakan jajaran sebagai upaya meminimalisasi terjadinya transmisi penyakit maupun faktor risiko kesehatan masyarakat lainnya di wilayah itu.

"Sesuai surat edaran, Dinkes Muba akan meningkatkan koordinasi dengan rumah sakit, serta laboratorium pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) terkait pengawasan kekarantinaan kesehatan terhadap varian Covid-19 yang baru," katanya, Jumat (11/11/2022).

Menurut Azmi, dukungan sumber daya manusia (SDM), terutama tenaga kesehatan merupakan hal penting. Pasalnya, Dinkes perlu menyiapkan SDM untuk melakukan pemantauan dan pengawasan termasuk tracing, tracking, dan testing jika ditemukan kasus positif.

"Semua upaya ini kami lakukan tatalaksana sesuai peraturan perundang-undangan. Dan yang penting memaksimalkan komunikasi, informasi dan edukasi termasuk komunikasi risiko terkait Covid-19 varian Omicron sub varian XBB bagi masyarakat," terang Azmi.

Sebelumnya, Pj Bupati Muba Apriyadi telah menginstruksikan kepada seluruh rumah sakit, para kepala puskesmas dan struktur di bawahnya sampai di desa agar melakukan peningkatan pengawasan kekarantinaan kesehatan di pintu masuk maupun di wilayah kerja.

"Selain itu mengajak seluruh warga Musi Banyuasin jangan lengah kita tetap waspada dan mari tetap jalankan protokol kesehatan seperti biasa, terutama menggunakan masker dan mencuci tangan dan menjaga jarak," katanya.

Penegasan Apriyadi berlaku bagi para direktur RSUD Sekayu, Sungai Lilin, Bayung Lencir dan para kepala puskesmas Sekayu Muba. Secara rinci perintah ini dijabarkan dalam Surat Edaran Nomor: B-440/5714/KES/2022 tentang peningkatan pengawasan kekarantinaan kesehatan Covid-19 varian omicron sub varian xbb.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 musi banyuasin
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top