Tol Permai Berlakukan Tilang Elektronik di Momen Nataru 2023

PT Hutama Karya (Persero) pengelola jalan tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Dumai (Permai) akan memberlakukan sistem tilang elektronik.
Sistem tilang elektronik (e-tilang) untuk pelanggaran kecepatan, pelanggaran rambu lalu lintas, pelanggaran marka, tindakan melawan arus, pengeteman, dan parkir liar./Antara
Sistem tilang elektronik (e-tilang) untuk pelanggaran kecepatan, pelanggaran rambu lalu lintas, pelanggaran marka, tindakan melawan arus, pengeteman, dan parkir liar./Antara

Bisnis.com, PEKANBARU -- PT Hutama Karya (Persero) pengelola jalan tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru-Dumai (Permai) akan memberlakukan sistem tilang elektronik atau sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Rencananya sistem tilang ini diberlakukan pada momen Natal dan Tahun Baru 2023.

Branch Manager Tol Permai Indrayana menjelaskan persiapan perangkat dan fasilitas pendukung untuk tilang elektronik di tol tersebut tengah dipersiapkan. Dengan sistem ETLE ini akan mencatat kasus pelanggaran kendaraan saat melintas di tol itu.

“Sebelumnya, kami sudah melakukan pertemuan dengan Polda Riau dan Ditlantas. Pemasangan perangkat akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” ujarnya Selasa (1/11/2022).

Menurutnya ada 2 perangkat tilang elektronik yang akan dipasang di tol Permai. Kedua titik tersebut yakni pada jalur arah Pekanbaru ke Dumai, dan arah Dumai ke Pekanbaru.

Dia mengakui penerapan sistem ini sebagai bentuk dukungan perseroan kepada pihak kepolisian untuk melakukan penegakan hukum terhadap pengendara yang melanggar ketentuan lalu lintas. Sistem tilang elektronik di Jalan Tol Permai akan secara otomatis tercatat dan terhubung ke database di Polda Riau. 

Berdasarkan data itu, Polda Riau akan melakukan tindakan selanjutnya kepada masing-masing pengendara yang melanggar lalu lintas serta mengeluarkan surat tilangnya.

Sesuai kesepakatan kedua belah pihak, pemasangan perangkat dan fasilitas pendukung tilang elektronik diperkirakan rampung akhir November 2022. Dengan demikian, saat mudik Nataru 2023 tilang elektronik sudah bisa difungsikan.

Adapun guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, HK telah melakukan sejumlah upaya diantaranya pemasangan Rumble Strip sebanyak 22 titik, Rumble Dot sebanyak 22 titik, lampu Liplop sebanyak 25 titik, Flashing sebanyak 10 titik, dan WIM sebanyak 4 titik. Selain itu, tim Patroli Jalan Raya (PJR) juga telah dilengkapi dengan 3 unit Speed Gun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper